bdadinfo.com

Bulan Rajab Dimulai Hari Ini: Berikut Keutamaan yang Wajib Diketahui untuk Meraih Berkah Luar Biasa! - News

Bulan Rajab Dimulai Hari Ini: Berikut Keutamaan yang Wajib Diketahui untuk Meraih Berkah Luar Biasa!/Pexels.com

- Bulan Rajab memiliki keistimewaan tersendiri dalam Islam, dan ada beberapa hadis yang menyebutkan keutamaan bulan ini. 

Salah satu hadis yang terkenal adalah hadis riwayat Ibnu Abbas, yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Janganlah kamu meremehkan bulan Rajab, karena bulan ini adalah bulan yang diabaikan oleh banyak orang di antara bulan-bulan yang Allah berikan kepada umat-Nya, dan di dalamnya amalan-amalan diterima. Maka perbanyakkanlah istighfar, memohon ampun kepada Allah, dan bertaubat."

Baca Juga: Bela Pengurus Unit Kerja SPSI, Jumhur Hidayat Turun Langsung Dalam Sengketa Perjanjian Kerja dengan Grup WILMAR

Bulan Rajab sungguh luar biasa dengan segala manfaat yang dapat diperoleh. Ini menjadi lebih istimewa karena terletak di antara bulan Jumadil Akhir dan Sya'ban.

Dalam perspektif agama, bulan Rajab menjadi penting karena Allah SWT mengatur penciptaan langit, bumi, malam, dan siang.

Allah menciptakan tahun menjadi dua belas bulan, seiring dengan munculnya hilal. Perlu dicatat bahwa hitungan tahun Masehi juga terdiri dari dua belas bulan, dengan perbedaan terletak pada penghitungan hari selama satu bulan atau pergerakan matahari.

Berikut ini, Keutamaan dari bulan Rajab yang perlu diketahui.

Baca Juga: Yeay.. Xiaomi Indonesia Tebar Diskon Produk Smart TV, Jadi Makin Murah!

  1. Puasa

Salah satu tindakan kebaikan yang dapat dilakukan adalah melaksanakan puasa sunnah pada bulan Rajab. Waktu untuk melaksanakan puasa Rajab sangat fleksibel, artinya selama masih berada di bulan Rajab, kita dapat berpuasa tanpa batasan waktu yang khusus. Dengan kata lain, tidak ada ketentuan tertentu mengenai kapan puasa Rajab dimulai atau berapa lama harus dilaksanakan.

Puasa memiliki makna menahan lapar dan haus, serta mencakup tindakan yang dapat membatalkan pahala puasa dari waktu sahur hingga matahari terbenam. Oleh karena itu, selama menjalani puasa, penting untuk menjaga sikap dan pikiran agar tidak merugikan nilai keberkahan puasa itu sendiri. Berikut sabda Rasulullah SAW : 

” Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.” (HR. At-Thabrani).

Baca Juga: Perjuangan Panjang Selama 12 Tahun! Jembatan Kembar Senilai Rp72 Miliar Ini Ditargetkan Selesai Agustus 2024 

  1. Catatan Amal Selama 60 Bulan

Jika sebelumnya puasa sehari diibaratkan dengan mendapatkan pahala selama satu bulan, kini apabila seseorang berpuasa pada tanggal 27 Rajab, maka pahala yang diperoleh akan setara dengan puasa selama 60 bulan. Konsep ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, seorang sahabat Nabi Muhammad SAW.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat