bdadinfo.com

Atasi Macet Parah di Bali, Pemerintah Ajak Korsel Bangun Infrastruktur Mutakhir! Bukan Tol, tapi Ini… - News

Strategi pemerintah Bali atasi kemacetan (Pexels)

- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengadakan pertemuan dengan Wakil Menteri Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan, Mr. Sangwoo Park, pada Selasa 9 Januari 2023.

Pertemuan ini bertujuan untuk membahas langkah-langkah dalam menyelesaikan Feasibility Study (FS) dan sumber pembiayaan untuk pembangunan Light Rail Transit (LRT), sistem transportasi massal di Bali.

Diskusi berlangsung di Korea Territorial Development MuseumSeoul Korsel, di mana Menhub menegaskan komitmen pemerintah Indonesia dalam membangun sistem transportasi massal perkotaan untuk mengatasi masalah kemacetan di beberapa wilayah Indonesia, terutama di Bali.

Baca Juga: Porsche Carrera GT: Sembilan Bulan Menanti, Perbaikan Belum Selesai, Pemilik Dilarang Mengemudi

"Fokus utama kita adalah memulai pembangunan LRT Bali Tahap 1, yaitu dari Bandara Ngurah Rai menuju Central Park," ujar Menhub.

Dalam menjalankan proyek ini, pemerintah Indonesia mengundang Korea Selatan untuk bekerjasama dalam membangun proyek transportasi massal berbasis rel pertama di Bali.

Feasibility Study (FS) dilakukan oleh Korea National Railways dengan pembiayaan dari Korea Exim Bank.

Menhub memberikan informasi bahwa FS telah dimulai pada Januari 2023, dengan target penyelesaian studi pada April 2024.

Baca Juga: Tak Tanggung-Tanggung, Sultan Arab Gelontorkan Rp6 Triliun Buat Pelabuhan Belawan, Sumut Siap Saingi Singapura?

"Pengerjaan FS ini tidak mudah karena melibatkan banyak aspek, mulai dari teknis, finansial, hingga institusional. Namun, kami yakin FS ini dapat diselesaikan dengan baik," tambah Menhub.

Terkait pembiayaan proyek, pemerintah masih mempertimbangkan berbagai skema, termasuk memanfaatkan Official Development Assistance (ODA) Loan dan Public Private Partnership (PPP).

"Kami meminta dukungan penuh Pemerintah Korea Selatan, Eximbank, KNR, dan pihak terkait lainnya agar Bali dapat menikmati sistem transportasi massal yang lebih baik," ungkap Menhub.

Dalam sektor penerbangan, Menhub juga mengajak Korea untuk meningkatkan frekuensi penerbangan langsung dari Korea ke Indonesia, khususnya ke Batam dan Bali.

Baca Juga: Raih Rekor! NewJeans Jadi Girl Group K-Pop Tercepat Raih 2 Juta Penjualan Album dan Lagu

Selain itu, Menhub berharap kerjasama pengelolaan Bandara Batam dengan pihak Incheon dari Korea dapat ditingkatkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat