bdadinfo.com

Proyek Penataan Kawasan Kelok 9 Bakal Dieksekusi di Tahun 2024, Ternyata Jalan ini Sudah Berumur 114 Tahun: Lebih Tua dari Indonesia! - News

Kawasan Kelok (9) Sembilan di Sumatera Barat yang dikabarkan akan mendapatkan penaatan dari Pemerintah Daerah Sumatera Barat di tahun 2024.

- Pemerintah Daerah Sumatera Barat baru-baru ini meninjau kawasan Kelok Sembilan (9) di Kecamatan Harau, Sumbar.

Peninjauan Pemerintah Daerah Sumatera Barat ke kawasan Kelok Sembilan tersebut diketahui untuk menindak lanjuti rencana penataan kawasan di tahun 2024.

Penataan kawasan Kelok Sembilan dimaksudkan agar jalan hubung yang juga hadir sebagai destinasi wisata tersebut dapat terjaga kondisinya dan lebih memberikan kenyamanan.

Baca Juga: Banyak Pedagang Nakal Padati Flyover Kelok 9, Pemprov Sumbar Bakal Tindak Tegas: Mengembalikan Keindahan Jalan!

Selain akan menertibkan sejumlah pedagang nakal yang banyak berjualan di sekitar kawasan Kelok Sembilan, Pemerintah Daerah Sumatera Barat juga akan melibatkan konsultan profesional dalam rencana penataan ini.

Kawasan Kelok Sembilan sendiri merupakan jalan berkelok yang terletak sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh Sumatera Barat menuju provinsi Riau.

Jalan ini terletak Nagari Harau, Kabupaten Limapuluh Kota  dan merupakan bagian dari ruas jalan penghubung lintas tengah Sumatera dan pantai timur Sumatera.

Baca Juga: Pemprov Sumatera Barat Pastikan Kelok 9 Bakal punya Wajah Baru di Tahun 2024: Awas Pedagang Siap Kena Relokasi!

Jalan ini memiliki tikungan yang tajam yang berbatasan dengan jurang dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam, yaitu Cagar Alam Putih dan Cagar Alam Harau.

Sekitar kawasan Kelok Sembilan saat ini telah dibangun jembatan layang sepanjang 2,5 km, jembatan ini membentang meliuk liuk menyusuri dua bukit terjal dengan tinggi tiang-tiang beton bervariasi mencapai 58 m.

Berikut sejumlah fakta menarik dari Kelok Sembilan yang indah ini: 

Baca Juga: Asyik! Jalan Tol Penghubung Aceh dan Sumatera Utara ini Mulai Beroperasi Penuh 29 Januari 2024: Dibuka Gratis Tanpa Bayar

  1. Karya anak bangsa 

Jembatan Kelok Sembilan ini dibangun dengan menggunakan konsep green construction dan menggunakan produk-produk dalam negeri. 

Siapa sangka ternyata kemegahan dan pemandangan yang dimiliki oleh Jembatan Kelok Sembilan. merupakan karya anak bangsa. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat