bdadinfo.com

Kumpulan 12 Doa-Doa yang Wajib Dihafalkan Saat Umroh Beserta Artinya - News

Kumpulan 12 Doa-Doa yang Wajib Dihafalkan Saat Umroh Beserta Artinya (Pixabay/@Zurijeta)

- Umroh adalah sebuah ibadah yang dilakukan oleh umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selama pelaksanaan umroh, terdapat beberapa doa dapat memberikan keberkahan dan kemuliaan.

Buat Anda yang sedang berniat menjalankan ibadah Umroh, Rawda Travel Umroh Bandung menyediakan beberapa paket umroh meliputi umroh reguler dan paket umroh plus turki. Selengkapnya bisa cek di rawdaumroh.com.

Berikut adalah kumpulan doa-doa yang wajib dihafalkan saat umroh beserta artinya.

1.      Bacaan Niat Umroh

Doa pertama yang perlu Anda hafalkan yaitu bacaan niat umroh. Doa ini dibaca ketika sedang berada di Miqat. Miqat merupakan sebuah tempat di Madinah dimana jamaah akan melakukan persiapan sebelum memulai ihram.

Persiapan yang perlu dilakukan yaitu mandi, memakai pakaian ihram, berwudhu, lalu melaksanakan shalat sunnah ihram sebanyak 2 rakaat. Berikut lafadz doa niat umroh beserta artinya:

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ بِعُمْرَةِ

Latin: “Labbaika Allahumma Umratan.”

Artinya yaitu: “Aku sambut panggilan-Mu, ya Allah, dengan umroh.”

2.      Doa Setelah Berihram

Setelah jamaah umroh selesai melakukan niat untuk memulai umroh, maka selanjutnya yaitu berihram. Berikut ini adalah doa setelah melaksanakan ihram beserta artinya.

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

اللَّهُمَّ أُحَرِّمُ شَعْرِيْ وَبَشَرِيْ وَجَسَدِيْ وَجَمِيْعَ جَوَارِحِيْ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ حَرَّمْتَهُ عَلَى المُحْرِمِ اَبْتَغِيْ بِذَلِكَ وَجْهَكَ الكَرِيْمَ يَا رَبَّ العَالِمِيْنَ.

Arti dari lafadz di atas adalah: “Ya Allah haramkanlah rambut, kulit, tubuh, serta seluruh anggota tubuhku dari semua yang Engkau haramkan bagi seseorang yang sedang menjalankan ihram, demi mengharapkan diri-Mu semata, wahai Tuhan yang memelihara alam semesta.”

3.      Talbiyah

Kumpulan doa-doa yang wajib dihafalkan saat umroh beserta artinya berikutnya yaitu kalimat talbiyah. Saat berada di perjalanan dari Miqat menuju Masjidil Haram, dianjurkan untuk memperbanyak membaca kalimat talbiyah. Doa inilah yang dicontohkan Rasulullah SAW saat melaksanakan umroh dan haji. Anda bisa berhenti membaca kalimat talbiyah saat mulai melaksanakan thawaf. Berikut adalah lafadz dan arti dari kalimat talbiyah.

لَبَّیكَ الّلهُمَّ لَبَّیكَ، لَبَّیكَ لاشَریكَ لَكَ لَبَّیكَ، إنَّ الْحَمدَ وَ النِّعمَةَ لَكَ وَ الْمُلكَ، لاشَریكَ لَكَ لَبَّیكَ

Arti dari lafadz di atas adalah: “Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah dan tiada sekutu bagi-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat, dan kekuasaaan hanya bagi-Mu tanpa sekutu apapun bagi-Mu.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat