bdadinfo.com

Pengecekan Progres Pembangunan Bandara Nusantara IKN oleh Menhub Budi Karya Sumadi: Di Targetkan Uji Coba di Bulan Juli - News

Haekal Shadafy - Pengecekan Progres Pembangunan Bandara Nusantara IKN oleh Menhub Budi Karya Sumadi: Di Targetkan Uji Coba di Bulan Juli/ Dephub

HALUANHARIAN.COM - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melakukan pengecekan kemajuan pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada hari Rabu, 24 Januari.

Acara tersebut dihadiri oleh Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara, Danis Sumadilaga, Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Imam S Ernawi, Kepala Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan Endah Purnamasari, dan Kepala KSOP Kelas I Balikpapan, Capt Bharto Ari Raharjo.

"Hari ini kita melihat pembangunan bandara berjalan dengan baik. Bulan Juli diperkirakan sudah selesai untuk kita uji cobakan," ujar Budi.

Baca Juga: Parah Banget! Bapak dan Anak Sekongkol Jual Kulit Harimau Sumatera di Aceh, Salah Satu Pelaku Diduga Oknum ASN

Menhub juga mengungkapkan rencana pekerjaan konstruksi dan persiapan operasional mulai Januari hingga Juli mendatang.

Untuk mempercepat proses pembangunan, Budi Karya Sumadi menyebutkan bahwa akan dilakukan penambahan alat, perpanjangan waktu kerja, dan penyelesaian terkait lahan.

Bandara IKN berfungsi sebagai fasilitas penerbangan yang mendukung kegiatan pemerintahan di IKN dan memperkuat konektivitas di wilayah tersebut.

Terletak 23 KM dari titik pusat IKN dan 120 km dari Balikpapan, bandara ini memiliki terminal seluas 7.350 m2 dan luas total area bandara mencapai 347 ha.

Baca Juga: Puluhan Pemuda Agam Dilatih Berbasis Kompetensi untuk Pencari Kerja

Landasan pacu bandara memiliki panjang 3.000 meter dan lebar 45 meter, memungkinkan pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300ER dan Airbus A380 untuk mendarat.

Setelah melakukan pengecekan di bandara, Budi Karya Sumadi juga melakukan inspeksi terhadap lokasi rencana pembangunan Kereta Otonom atau Automated Rail Transit (ART) di IKN.

Budi menyatakan bahwa kereta otonom tersebut akan beroperasi di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur, dengan target sebagian rute dapat digunakan pada bulan Agustus.

Proses pembangunan rute ART akan dilakukan dalam dua tahap, dan setiap set kereta akan terdiri dari dua gerbong dengan total kapasitas 324 penumpang.

Baca Juga: Terkini! Hasil Pertandingan Jepang vs Indonesia, Samurai Biru Tebas Garuda dengan Skor 3-1

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat