bdadinfo.com

Kalimantan Timur Merdeka! 4 Kabupaten dan 1 Kota Lepas, Terbentuk Provinsi Baru yang Luasnya 7 Kali Negara Lebanon - News

Kalimantan Timur Merdeka! 4 Kabupaten dan 1 Kota Lepas (Radarmukomuko.disway.id)

- Pembentukan provinsi baru di Indonesia kembali mencatat sejarahnya dengan dilepaskannya empat kabupaten dan satu kota dari Kalimantan Timur.

Keputusan ini telah disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), membentuk provinsi baru yang luasnya mencengangkan, 7 kali lebih besar daripada negara Lebanon.

Baca Juga: Apa Kabar Smartphone Realme 10 Pro 5G di Tahun 2024? Simak Spesifikasi dan Harga Terkini..

Pemekaran wilayah dan pembentukan provinsi baru ini bukanlah keputusan yang terburu-buru.

Sejak tahun 2000, usulan pembentukan provinsi baru ini sudah diajukan.

Setelah melalui proses panjang, Kemendagri akhirnya memberikan persetujuan, mempertimbangkan berbagai aspek seperti sosial, ekonomi, budaya, luas wilayah, dan jumlah penduduk.

Baca Juga: Perhatian! Usai 5 Bulan Beroperasi Gratis, Jalan Tol di Sumatera Selatan Ini Dikabarkan Segera Bertarif, Ruas Mana?

Provinsi baru hasil pemekaran Kalimantan Timur ini menggabungkan empat kabupaten dan satu kota dengan luas mencapai 75.467,70 km persegi.

Luas yang mengesankan ini membuat provinsi baru ini setara dengan 7 kali luas negara Lebanon, yang hanya memiliki luas sekitar 10.452 km persegi.

Pembentukan provinsi baru ini mengingatkan pada terbentuknya Kalimantan Utara, provinsi ke-34 di Indonesia.

Baca Juga: Masyarakat Harap Bersabar! Imbas Pembangunan Underpass Gatot Subroto Medan Sebentar Lagi Lenyap, Tak Ada Lagi Macet

Dengan dibentuknya Kalimantan Utara, empat kabupaten dan satu kota menjadi otonom dan memberikan dorongan untuk pembangunan yang merata di berbagai daerah.

Provinsi baru ini menggabungkan empat kabupaten, yakni Bulungan, Malinau, Nunukan, Tana Tidung, dan satu kota, Tarakan.

Ibu kota Provinsi Kalimantan Utara berada di Kota Tarakan. Dengan terbentuknya Kalimantan Utara, daerah ini terdiri dari 51 kecamatan dengan 479 kelurahan dan 447 desa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat