bdadinfo.com

Sumatera Barat punya Rahasia! Ungkap Potensi 75 Juta MT Bijih Besi di Wilayahnya hingga Tantangan Lingkungan - News

Sumatera Barat punya Rahasia!  Ungkap Potensi 75 Juta MT Bijih Besi di Wilayahnya (ilustrasi) (Freepik.com/@atlascompany)

- Provinsi Sumatera Barat, dengan kawasan hutan yang begitu luas, ternyata tidak hanya menyimpan keindahan alam tetapi juga sumber daya alam yang cukup besar.

Bijih besi dengan kadar Fe (besi) yang bagus menjadi salah satu kekayaan alam yang ditemukan di wilayah ini.

Baca Juga: Menyatu dengan Alam! Menggali Keunikan Ciletuh - Palabuhanratu UNESCO Global Geopark

Namun, seiring dengan potensi ekonomi yang terbuka, muncul pula tantangan besar terutama dalam hal lingkungan dan peran pemerintah.

Pemerintah pusat memiliki kendali penuh atas kewenangan mulai dari izin hingga pengawasan dalam aktivitas tambang bijih besi.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumatera Barat, Herry Martinus, mengakui bahwa pihaknya tidak memiliki wewenang untuk melakukan pemetaan secara langsung di lapangan terkait sebaran tambang bijih besi.

Baca Juga: Menelusuri Sejarah Karst Zamrud di Khatulistiwa: Taman Geopark Global UNESCO Raja Ampat

Namun, data yang diperoleh dari sejumlah perusahaan yang melakukan survei sumber daya bijih besi di Sumatera Barat mengungkap potensi sebesar 75 juta metrik ton (MT) dengan kadar Fe mencapai 62%.

Jumlah yang mencengangkan tersebut sebagian besar berada di luar hutan lindung.

Herry menjelaskan bahwa jika wilayah ini termasuk dalam kawasan hutan lindung, potensinya bahkan dapat mencapai lebih dari 100 juta MT.

Baca Juga: Asyik! Dapat Dana Segar Sebesar Rp18,6 Triliun, Tol Padang-Sicincin di Sumatera Barat Makin Mantap Rampung di Tahun 2024: Nggak Banyak Alasan Lagi

Namun, izin untuk melakukan eksploitasi sumber daya alam di hutan lindung pastinya tidak akan diberikan.

Situasi terkini menunjukkan bahwa sejumlah perusahaan telah memegang izin untuk menggarap potensi bijih besi ini.

Dari data yang dikeluarkan oleh ESDM Sumatera Barat, sebanyak delapan perusahaan telah mendapatkan izin usaha pertambangan (IUP) dan tengah aktif melakukan aktivitas tambang bijih besi di empat kabupaten di Sumatera Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat