bdadinfo.com

Ibukota Pontianak Tergeser dari Kalimantan Barat? Kabupaten Ini Diusulkan Sebagai Ibukota Provinsi Kapuas Raya - News

 Pemerintah provinsi telah mengajukan rencana pembentukan provinsi baru tersebut kepada pemerintah pusat.Rencana pembentukan Provinsi Kapuas Raya hingga saat ini belum ada konfirmasi terkait waktu realisasinya.

HARIANHALUN.COM - Provinsi Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia, yang berada di pulau Kalimantan, dengan ibu kota atau pusat pemerintahan berada di kota Pontianak.

Luas wilayah provinsi Kalimantan Barat adalah 147.307,00 km² (7,53% luas Indonesia).

Pada tahun 2020, penduduk Kalimantan Barat berjumlah 5.414.390 jiwa, dengan kepadatan 37 jiwa/km2, dan pada akhir tahun 2023 berjumlah 5.557.277 jiwa.

Baca Juga: Kota Jakarta Jadi Arena Kampanye Terakhir Dua Capres-Cawapres, Persiapan Jelang Pencoblosan

Daerah Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki provinsi "Seribu Sungai".

Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang di antaranya dapat dan sering dilayari.

Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan.

Baca Juga: 2 Jalan Tol Menuju Danau Toba ini Masuki Tahap Akhir Pembangunan: Sumatera Utara Sebentar Lagi Rampungkan Tol Sepanjang 103 Km!

Kalimantan Barat berbatasan darat dengan negara bagian Sarawak, Malaysia. Walaupun sebagian kecil wilayah Kalimantan Barat merupakan perairan laut.

Akan tetapi Kalimantan Barat memiliki puluhan pulau besar dan kecil (sebagian tidak berpenghuni) yang tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Kalimantan Barat memiliki potensi pertanian, perkebunan dan perikanan yang cukup melimpah.

Hasil pertanian Kalimantan Barat di antaranya adalah padi, jagung, kedelai, dan lain-lain.

Sedangkan hasil perkebunan di antaranya adalah karet, kelapa sawit, kelapa, lidah buaya, dan lain-lain.

Kebun kelapa sawit sampai Oktober 2012 sudah mencapai 1.060.000 ha. Kebun-kebun tersebut sebagian besar dibangun pada kawasan budi daya (APL).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat