bdadinfo.com

Dorong Kemandirian Ekonomi Masyarakat, Gubernur Sumbar Tebar 10 Ribu Bibit Ikan Nila di Ponpes Andalusia - News

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah saat tebar benih ikan nila. (Humas Pemprov Sumbar)

- Dorong kemandirian ekonomi masyarakat, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah tebar 10 ribu bibit ikan nila di Pondok Pesantren (Ponpes) Andalusia.

Ponpes itu berlokasi Batu Bajarang, Nagari Luak Kapau, Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan, Sabtu, 10 Februari 2024.

Mahyeldi menyebutkan, bantuan tersebut merupakan bagian dari upaya Pemprov Sumbar untuk mendorong kemandirian ekonomi masyarakat, khususnya warga pesantren di Sumbar.

Baca Juga: Masyarakat Hibahkan Tanah untuk Pembangunan SMK di Malalak, Gubernur Sumbar Apresiasi

"Bantuan bibit ikan yang kita berikan untuk Ponpes Andalusia ini berjenis ikan nila dengan jumlah sebanyak 10.000 ekor. Kita berharap, ini dapat memperkuat ekonomi Ponpes kedepan," katanya.

Tidak hanya diserahkan, bibit ikan nila itu juga langsung dilepaskan Gubernur di area kolam milik Ponpes Andalusia.

Menurut Mahyeldi, Nagari Luak Kapau sangat cocok dijadikan lokasi budidaya ikan air tawar, sebab sumber airnya banyak dan jernih.

"Daerah ini sangat cocok untuk lokasi budidaya ikan air tawar karena produksi airnya bagus dan jernih sehingga pertumbuhan ikannya bisa lebih cepat," katanya.

Baca Juga: Temu Ramah dengan Para Kepsek, Gubernur Sumbar Sebut Generasi Muda Berkarakter Kunci Sukses Pembangunan

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Andalusia, As'ari Khatib Manjoalam menyatakan pihaknya telah lama berkeinginan untuk memiliki bidang usaha. Namun karena keterbatasan modal hingga saat ini masih urung dilakukan.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada bapak gubernur, akhirnya niatan kami yang telah lama tertunda dapat terwujud berkat bantuan beliau," katanya.

Lebih lanjut, As'ari juga memuji respon cepat Gubernur terhadap usulan untuk penguatan ekonomi masyarakatnya.

"Baru beberapa waktu yang lalu kami usulkan, Alhamdulillah langsung ada tindak lanjutnya dari beliau," katanya.

As'ari optimis, bantuan ini akan dapat dikembangkannya sebagai penguat ekonomi Ponpes Andalusia kedepan. Sehingga pembiayaan operasional Ponpes tidak lagi bergantung dari para donatur dan para santri. (ADPSB)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat