bdadinfo.com

Mau Mudik Gratis Pakai Bus dari Kemenhub? Buruan Daftar Hari Ini Jika Ingin Berangkat Tanpa Dipungut Biaya - News

Kemenhub Hadirkan Mudik Gratis 2024 dari Berbagai Jalur (Traveloka)

- Lebaran tahun 2024 masih lama, tetapi Kementrian Perhubungan (Kemenhub), dan PT. Jasa Raharja telah merencanakan program Mudik tahun ini.

Tetapi bagi para penumpang, yang ingin berangkat ke kampung halaman tanpa mengeluarkan biaya berapapun, saat ini sudah mulai membuka promo Mudik gratis dari Kemenhub.

Salah satunya, adalah menyediakan Bus yang dipersiapkan untuk mudik, dan tidak perlu membayar biaya perjalanan agar bisa sampai ke tempat tujuan sesuai yang diinginkan.

Baca Juga: Kemenhub Buka Program Angkutan Mudik Gratis pada Lebaran Tahun 2024, Khusus Sepeda Motor, Bus dan Truk

Jika ingin mendaftar jauh-jauh hari sebelum Lebaran tiba, hari ini menjadi momen yang paling tepat untuk segera mendaftar, agar bisa menaiki Bus Gratis dari Kemenhub.

Program mudik gratis Kemenhub tahun 2024, telah menyediakan tiga jalur transportasi yang bisa dipilih masyarakat, pilihan angkutan baik kereta api, laut, dan jalur darat.

Khusus untuk Jalur darat, Kemenhub akan melayani mudik gratis dengan menggunakan bus maupun truk, sehingga para penumpang bisa menikmati perjalanan balik ke Kampung halaman masing-masing.

Baca Juga: Andre Rosiade Siapkan 200 Bus Gratis Pulang Basamo Perantau Minang

Kemenhub telah membuka kuota mudik gratis, untuk arus mudik dan balik sebanyak 30.088 penumpang, dan sementara untuk melayani puluhan ribu pemudik, telah disediakan 592 bus dengan 33 kota tujuan.

Pendaftaran untuk mudik gratis jalur darat, telah dibuka mulai dari tanggal 5 Maret hingga 3 April 2024, pendaftaran akan ditutup jika kuota telah terpenuhi.

Iniah jadwal lengkap, yang ingin menikmati mudik gratis dengan jalur darat dari Kemenhub :

- Tanggal untuk pendaftaran : 5 Maret - 3 April 2024.
- Tanggal keberangkatan mudik : 5 - 7 April 2024.
- Tanggal keberangkatan balik : 14 - 15 April 2024.

Ada persyaratan yang harus dipahami para penumpang, agar bisa mendaftar mudik gratis dari Kemenhub. Berikut persyaratan untuk mendaftar mudik gratis jalur darat :

- Penumpang wajib memiliki dokumen kependudukan pada saat mendaftar seperti KTP, SIM atau KK.
- Penumpan hanya bisa memilih 1 kota tujuan mudik.
- Bila penumpang mengikuti mudik - balik, maka pendaftaran arus balik harus dilakukan secara bersamaan pada saat mendaftar arus mudik, asalkan kota tujuan yang dipilih pada kota arus balik, dan penumpang hanya bisa ikut arus balik sesuai dengan kota tujuan arus mudik.
- Penumpang hanya diberikan waktu tujuh hari, setelah tanggal pendaftaran untuk melakukan registrasi di posko yang ditentukan.
- Apabila lewat dari tujuh hari, penumpang tidak bisa melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap gugur sehingga kuota secara umum akan otomatis bertambah.
- Penumpang tidak bisa mendaftar ulang, untuk memberikan kesempatan pada penumpang lain yang ingin mendaftar, atau belum memiliki kuota mudik dan balik.
- Penumpang yang mudik - balik dengan sepeda motor, wajib membawa kelengkapan surat kendaraan, dan harus menyerahkan motor sesuai dengna tanggal yang ditentukan, sebelum tanggal peresmian bus.
- Penumpang dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, saat keberangkatan arus mudik maupun balik.
- Penumpang wajib datang minimal satu jam sebelum keberangkatan.

Masyarakat tidak bisa mendaftar secara langsung, karena pendaftaran program mudik gratis hanya dapat dilakukan secara online melalui handphone dengan cara mengunduh aplikasi Mitra Darat.

Pemudik bisa mengecek semua informasi, soal program mudik gratis di aplikasi tersebut. Berikut ini adalah cara mendaftar mudik gratis lewat jalur darat :

- Unduh aplikasi Mitra Darat di smartphone.
- Buka dan daftar, atau masuk akun Mitra Darat.
- Pilih tujuan mudik, dan jumlah peserta mudik.
- Isi kelengkapan data penumpang sesuai NIK.
- Setelah pendaftaran berhasil, penumpang bisa mendapatkan kode booking untuk divalidasi menjadi e-ticketing.

Itulah persyaratan utama untuk bisa berangkat mudik secara gratis dari Kemenhub, sehingga tidak perlu susah payah untuk merogoh kocek banyak untuk biaya perjalanan pergi - pulang.

Jadi, tunggu apa lagi, daftarkan segera, mumpung puasa dan lebaran idul fitri masih lama, sehingga bisa dimanfaatkan momen tersebut untuk mendapatkan tiket secara online. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat