bdadinfo.com

Sulawesi Tengah Ukir Sejarah! Konstruksi Pembangunan Jembatan Terpanjang ke 3 di Indonesia, Hubungkan 2 Pulau Cantik di Kabupaten Ini - News

Jembatan Halimun, Sulawesi Tengah (Freepik)

- Sulawesi Tengah terus dikebut sebagian dari pembangunan proyek strategis nasional (PSN) dan baru akan dimulai termasuk "Jembatan Halimun". 

Rencana dari pembangunan Jembatan Halimun yang digadang-gadang akan jadi Jembatan Terpanjang ke 3 dari Suramadu inilah yang akan terkoneksinya 2 Kepulauan. 

Terkoneksinya Kabupaten Banggai Kepulauan melalui Desa Kalumbatan, Kecamatan Bangkep dan Desa Paisumosoni, Kecamatan Banggai Laut yang berada di Tinakin. 

Baca Juga: Keren! Jembatan Ikonik Senilai Rp364 Miliar Ini Sudah Dilengkapi dengan Teknologi Anti Gempa, Disini Lokasinya

Belum lama ini beredar kabar bahwa Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Ma'mun Amir tengah menerima Tim Studi Kelayakan Jembatan Halimun.

Jika terealisasi maka Jembatan yang memiliki stand kaki di daratan Desa Kalumbatan, Totikum, Kabupaten Bangkep dan Desa Paisumosoni di Kabupaten Banggai Laut. 

Sebabnya, Jembatan Halimun ini nantinya yang akan masuk sebagai jembatan terpanjang ketiga di Indonesia. 

Baca Juga: Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal! Jalan Tol Trans Sumatera Mampu Hasilkan Dampak Positif terhadap UMKM Lampung hingga Sumatera Selatan

Sementara Jembatan terpanjang nomor satu yaitu Suramadu yang menghubungkan daratan Surabaya dengan Pulau Madura sepanjang 5.438m. 

Diketahui bahwa master plan dalam Jembatan Halimun yang memiliki bentang sekitar 2,7km dengan tipe Jembatan adalah suspended bridge. 

Tipe Jembatan adalah Jembatan gantung dengan metode konstruksi sesuai untuk dibangun di perairan laut. 

Baca Juga: Ditargetkan Rampung Juli 2024, Sampai Bulan Maret Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin Belum juga Terselesaikan: Nasibnya Dipastikan Mangkrak?

Perencanaan Jembatan yang dibagi menjadi tiga bagian jalan layang, Jembatan penghubung dan jembatan utama serta terdapat tiga alternatif trase.

Trase alternatif 1 atau 5 dari Balut sepanjang 3,95km, Alternatif 2 dengan trase via pulau Asasal sepanjang 4,506km dan 8 trase via pulau toulan sepanjang 3,745km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat