bdadinfo.com

Presiden Jokowi Kunjungi Command Center Tahap I Ibu Kota Nusantara sebagai Langkah Awal Menuju Kota Pintar - News

Pembangunan Command Center Tahap I Ibu Kota Nusantara, yang baru dikunjungi oleh Presiden Jokowi, merupakan langkah awal dalam pembangunan kota pintar.

- Ibu Kota Nusantara (IKN) yang direncanakan sebagai kota pintar dimulai dengan pembangunan Command Center Tahap I yang baru saja dikunjungi oleh Presiden Jokowi pada hari Jumat, 1 Maret 2024.

Fasilitas ini merupakan layanan monitoring dan kontrol kota pintar Nusantara yang menggunakan teknologi big data dan computer vision untuk pengawasan dan pemantauan berbasis sensor, CCTV, dan drone, serta layanan digital yang dioptimalkan. 

Command Center Tahap I IKN memiliki berbagai fungsi, termasuk pengawasan lokasi dan pembangunan proyek-proyek APBN dan Non-APBN, pengambilan keputusan berdasarkan analisis data operasional wilayah, serta evaluasi dan pemantauan kemajuan pembangunan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa: Dorong Produktivitas dan Investasi Kunci untuk Pertanian Berkelanjutan

Selain itu, seperti yang dikutip dari YouTube BorneoTube, Command Center Tahap I IKN terhubung dengan proyek-proyek lain melalui CCTV dan feeds video dari drone untuk memantau kondisi proyek pembangunan. 

CCTV ini menjadi bagian dari sistem monitoring proyek konstruksi secara menyeluruh, termasuk pelacakan posisi alat berat dan presensi pekerja. 

Sistem ini juga menampilkan peta Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) untuk memudahkan operator memantau progres konstruksi secara terintegrasi.

Baca Juga: Rajanya Jalan Tol! Terbukti Tol Riau Pecah Telur Jadi Proyek JTTS Pertama yang Terkoneksi, Karena Jadi Anak Kesayangan Pak Presiden Jokowi?

Serta fitur lainnya seperti progres pembangunan dan investasi, serta analisis media sosial.

Selain itu, Command Center Tahap I IKN juga menampilkan hasil analisis sistem manajemen transportasi cerdas di daerah mitra IKN, seperti Kota Balikpapan. 

Pengembangan dan integrasi data pada semua fitur ini merupakan hasil kolaborasi dengan kementerian dan lembaga terkait.

Terutama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta beberapa kedeputian terkait di lingkungan Otorita IKN.

Menurut Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono, IKN bukan hanya sebuah kota baru, tetapi juga model baru pembangunan perkotaan di Indonesia dengan penerapan teknologi sebagai salah satu fokus utama. 

Teknologi akan memainkan peran penting dalam mewujudkan IKN sebagai kota pintar yang efisien dan responsif dalam pelayanan publik, mobilitas berkelanjutan, serta menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi penduduknya.

Deputi Transformasi Hijau dan Digital IKN, Mohammed Ali Berawi, menambahkan bahwa Command Center Tahap I ini merupakan langkah awal menuju pengembangan Pusat Komando dan Kendali Terintegrasi (ICCC).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat