bdadinfo.com

Gak Disangka! Kalimantan Selatan Habiskan Rp 986 Triliun untuk Bangun Bendungan Baru, Begini Spesifikasi Kemegahannya - News

Kalimantan Selatan Habiskan Rp 986 Triliun untuk Bangun Bendungan Baru (Freepik.com/@Wirestock)

- Sebagai bagian dari program pembangunan infrastruktur yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia, Bendungan Tapin diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 18 Februari 2021.

Terletak di Desa Pipitak Jaya, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, bendungan ini menjadi salah satu dari 65 bendungan besar yang dibangun di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Sumatera Barat Bakal Terapkan Rekayasa Lalu Lintas One Way Jelang Mudik Lebaran 2024: Simak Rute-rute dan Tanggal Sistem Satu Arahnya di Sini 

Dengan dana APBN sebesar Rp 986 triliun, bendungan ini memiliki kapasitas mencapai 56,77 juta meter kubik.

Bendungan Tapin bukan hanya sekadar infrastruktur, melainkan juga menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kalimantan Selatan.

Dengan kapasitasnya yang besar, mencapai 56,77 juta meter kubik, bendungan ini memberikan manfaat penting bagi program pengairan lahan pertanian setempat seluas 5.472 hektar.

Baca Juga: Kalimantan Selatan Makmur Jaya! Punya Ratusan Juta Ton Harta Karun Menggoda, Eksplorasi Potensi yang Membuat Dunia Ikut Ngiler

Selain itu, diharapkan juga dapat menjadi sarana pengendalian banjir di Kabupaten Tapin, yang sering kali menjadi masalah utama di wilayah tersebut.

Namun, keberadaan Bendungan Tapin tidak hanya memberikan manfaat fungsional semata.

Keindahan alam sekitar bendungan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai kawasan konservasi air dan dikembangkan sebagai destinasi wisata.

Baca Juga: Letaknya Sekitar 70 Kilometer dari Timur Laut Kota Padang Titik Lokasi Harta Karun Peninggalan Zaman Belanda Hasilkan 620.000 Ton

Dengan posisinya yang terletak di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kalimantan Selatan, bendungan ini menjadi bagian dari keindahan alam yang memikat dan potensi pariwisata yang besar.

Sebagai aset negara yang dikelola oleh Kementerian PUPR, Bendungan Tapin dibangun dengan tipe Timbunan Batu Zonal Inti Tegak.

Infrastruktur pendukung seperti jalan akses, kantor pengelola, rumah dinas, tempat ibadah, dan lainnya turut dibangun untuk mendukung fungsi dan kebutuhan pengelolaan bendungan ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat