bdadinfo.com

Baru Resmi Tahun 2022, Bendungan Terpanjang di Asia Tenggara Ini Berlokasi di Jawa Timur, Nilai Konstruksinya Capai Rp1,3 Triliun - News

Bendungan Semantok Jawa Timur, bendungan terpanjang di Asia Tenggara  (hutamakarya.com)

- Sebuah bendungan di Jawa Timur dinobatkan menjadi bendungan terpanjang di Asia Tenggara.

Panjang tubuh bendungan ini mencapai 3,1 km dengan tinggi mencapai 30 meter.

Bendungan ini memiliki luas area genangan sebesar 365 hektar dengan kapasitas tampung mencapai 32,67 juta meter persegi.

Baca Juga: Ngeri! Terjadi Kecelakaan Bus Tujuan Swiss di Jalan Tol Jerman, Empat Penumpang Tewas dan 35 Mengalami Luka-Luka

Bendungan ini adalah Bendungan Semantok yang berlokasi di Dusun Sambikerep, Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Bendungan Semantok merupakan hasil garapan dari kolaborasi antara kontraktor PT Hutama Karya-PT Bangun Nusa serta PT Brantas Abipraya-Pelita.

Pembangunan Bendungan Semantok ini masuk dalam daftar proyek strategis nasional yang diresmikan sejak tahun 2022.

Baca Juga: Tambah 1 Lagi, akan Ada 3 Jalan Tol Rangkaian JTTS yang Dibuka Gratis saat Mudik Lebaran Idul Fitri: Terbaru Ada di Provinsi ini

Proyek bendungan dikerjakan dalam 4 paket pekerjaan yang dimulai kontraknya pada 28 Desember 2017.

Selain karena tittle nya sebagai bendungan terpanjang di Asia Tenggara, beberapa manfaat juga ditawarkan oleh Bendungan Semantok ini.

Diantaranya mampu menjadi pemasok air untuk lahan irigasi seluas 1.900 hektar dengan jaringan irigasi yang telah melengkapinya.

Baca Juga: Suami Selebriti Sandra Dewi Terjerat Kasus Korupsi! Nilainya Bikin Melongo

Tak hanya itu, Bendungan Semantok juga mampu mereduksi banjir hingga 30 persen dan mencegah terjadinya bencana kekeringan ketika musim kemarau tiba.

Dengan begitu, potensi banjir yang selama ini kerap terjadi di kawasan Nganjuk Utara dapat diminimalisir berkat adanya bendungan ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat