bdadinfo.com

Jawa Timur Gak Bisa Dikendalikan! Segera Dibangun Konstruksi Pembangunan 2 Unit Kapal Selam Termegah Bikinan Perancis Tapi Beroperasi di Kabupaten... - News

Kapal Selam Termegah, Jatim  (Freepik)

- Mega proyek strategis nasional di Jawa Timur memang tengah gencar-gencarnya mengerjakan pembangunan di seluruh Kabupaten. 

Sebelumnya pihak antara Naval Group dan PT PAL Indonesia telah menyepakati kerja sama pembangunan unit kapal selam di Surabaya.

Dengan pengadaan kapal selam Scorpene class yang telah tertulis dalam nota kesepahaman dan antar manufaktur. 

Baca Juga: Sempat Tidur Panjang, PO Bus Legendaris dari Sumatera Barat Kini Kembali Bangkit Begini Nasibnya!

Sambil menanti kelanjutan dari kontrak efektif Scorpene class, Naval Group belum lama ini merilis penawaran varian Scorpene class untuk Indonesia, disebut ‘Scorpene Evolved.’ 

Dalam proposal terbarunya kepada TNI AL, Naval Group Perancis mengusulkan varian baru kapal selam Scorpene yang dilengkapi teknologi baterai Lithium-Ion.

Dijuluki ‘Scorpene Evolved’ yakni sistem propulsi kapal selam akan dipasang dengan konfigurasi full Lithium-Ion Batteries (LIB).

Baca Juga: Banjir Bandang Landa Simpang Bukit - Pasar Lasi Agam, Masyarakat Dapat Bantuan Evakuasi dan Pembersihan

Sehingga dapat memberikan daya tahan paling lama dibandingkan varian lain dalam keluarga Scorpene.

Dengan catatan, Perancis dan Indonesia telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk dua kapal selam Scorpene yang akan dibangun secara lokal di Surabaya, Jawa Timur.

Keterangan resmi terkait berkat konfigurasi full LIB, Scorpene Evolved akan memiliki endurance total 80 hari (dengan 78 hari di antaranya menyelam).

Baca Juga: Sosok Bupati Agam Dimata Anak Asuhnya: Terimakasih Pak Andri Kami Bisa Lulus Kuliah yang Nyaris Putus di Tengah Jalan

Jangkauan operasional lebih dari 8.000 mil laut, lower indiscretion rate dan mempertahankan kecepatan tertinggi lebih lama. 

Hal tersebut bisa dicapai karena LIB dapat menyimpan dan menyalurkan lebih banyak energi dengan waktu pengisian. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat