bdadinfo.com

Dibuka Fungsional Selama Lebaran Idulfitri Tahun 2024, Tol Terbaru Sumatera Selatan ini Pilih Fokus Tuntaskan Pembangunan: Target Akhir Tahun 2024! - News

Ilustrasi Jalan Tol Kapal Betung di Sumatera Selatan yang sedang dalam proses pembangunan. Jalan tol ini dibuka saat lebaran Hari raya Idulfitri tahun 2024. (Instagram: kemenpupr)

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol baru.

Salah satunya adalah proyek pembangunan Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung atau Jalan Tol Kapal Betung yang ada di Sumatera Selatan.

Adapun proyek pembangunan Jalan Tol Kapal Betung ini oleh pemerintah maupun pihak pengembang ditargetkan rampung di akhir tahun 2024.

Baca Juga: Dibuka Gratis, Tol Riau-Sumatera Barat ini Jadi Primadona Dadakan, Dilintasi Hampir 4 Ribu Kendaraan dalam 1 Hari!

Jalan Tol Kapal Betung di Sumatera Selatan ini memang belum selesai sepenuhnya, akan tetapi beberapa seksi dari jalan tol ini telah dibuka dan dioperasikan sebagian.

Pada momen mudik lebaran Hari raya Idulfiti tahun 2024, Jalan Tol Kapal Betung ini dibuka secara fungsional untuk mendukung arus mudik dan arus balik.

Jalan Tol Kapal Betung disebutkan dibuka dan dapat digunakan pada H-7 sampai dengan H+7 Hari raya Idulfitri tahun 2024.

Baca Juga: Sangar! Jalan Tol Kebanggaan Provinsi Riau ini Catatkan Hampir 20 Ribu Kendaraan Melintas Dalam 1 Hari: Jadi Salah Satu Andalan Pulau Sumatera

Diketahui, rute yang akan dibuka adalah Gandus Palembang menuju Pangkalan Balai atau sebaliknya dan nantinya hanya akan dilakukan satu arah saja.

Sebagaimana diketahui, Jalan Tol Kapal Betung merupakan proyek garapan PT Waskita Karya (persero) Tbk (WSKT) melalui anak usahanya PT Waskita Sriwijaya Tol. 

Namun, proyek tersebut belakangan dialihkan ke PT Hutama Karya (Persero) karena kinerja keuangan WSKT yang memburuk.

Baca Juga: Waduh! Seksi Jalan Tol Padang-Pekanbaru ini Diserbu Puluhan Ribu Kendaraan: Volume Lalu Lintas Tembus 110 Persen

Jalan Tol Kapal Betung = melintasi Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kabupaten Banyuasin, serta Kota Palembang ini terdiri dari tiga seksi jalan tol.

Jalan Tol Kapal Betung ini dibangun dengan panjang lintasan total mencapai 111,6 km. Ruas ini juga merupakan bagian dari jalan utama atau backbone Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat