bdadinfo.com

Sumatera Utara ‘Menggila’, Jalan Tol di Sumut Dilintasi Lebih dari Setengah Juta Kendaraan Dalam 2 Minggu: Jadi Nomor 1 Se-Indonesia? - News

Sejumlah ruas jalan tol di Sumatera Utara ini dilintasi oleh lebih dai 500 ribu kendaraan dalam 2 hari pengoperasian. Jumlah ini terus bertambah. (Dok: BPJT Kemenpupr)

- Provinsi Sumatera Utara membuktikan kapasitasnya sebagai salah satu daerah penting di Pulau Sumatera.

Sejumlah ruas jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Provinsi Sumatera Utara diketahui diserbu oleh kendaraan masyarakat yang melintas.

Salah satu pihak pengelola Jalan Tol Trans Sumatera, Hutama Karya menyebutkan, bahwa jalan tol di Sumatera Utara dilintasi oleh lebih dari setengah juta kendaraan.

Baca Juga: Pecah Rekor! 2 Minggu Dibuka, Jalan Tol di Riau Dilewati Nyaris Setengah Juta Kendaraan: sampai Hari ini Masih Terus Bertambah

Menariknya, angka fantastis Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas tersebut tercatat hanya dalam waktu kurang lebih 2 minggu saja.

Terhitung dari tanggal 3-16 April tahun 2024, kendaraan yang melintas di seluruh jalan tol yang ada di Sumatera Utara apabila diakumulasikan mencapai lebih dari 500 ribu kendaraan. 

Diantaranya seperti Jalan Tol Indrapura Lima Puluh (Inkis) yang dilewati oleh 260.359 kendaraan atau lebih tinggi 146 persen dari VLL normal. 

Baca Juga: Sumatera Utara Mantap! Tol Tebing Tinggi-Sinaksak Cuma 30 Menit Terus Dibuka, Beroperasi Gratis sampai Tanggal Sekian

Kemudian, kendaraan yang melintasi di Jalan Tol Binjai Tanjungpura (Binsa) tercatat sebanyak 232.262 kendaraan atau meningkat 85 persen dari VLL normal. 

Sebagaimana diketahui, Sumatera Utara juga membuka sejumlah ruas jalan tol secara fungsional guna mendukung arus mudik dan arus balik lebaran Hari raya Idulfiti tahun 2024.

Adapun untuk tol fungsional tambahan selama libur lebaran 2024 lainnya seperti Jalan  Tol Indrapura Kisaran Seksi 2 (dua) Jalan Tol Lima Puluh Kisaran pada periode 4-16 April tahun 2024, dilintasi sebanyak total 98.759 kendaraan. 

Baca Juga: Sumatera Utara Perpanjang Pengoperasian Tol Medan-Kisaran: Dulu 5 Jam Sekarang Jadi Tinggal Hitungan Menit, Lewat Sini Gratis! 

Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera di wilayah Sumatera memprediksi masih akan terjadi gelombang kedua arus balik lebaran selanjutnya.

Diperkirakan puncak arus balik lanjutan ini akan terjadi pada Sabtu, 20 April mendatang. Hal tersebut dikarenakan masih ada sejumlah pemudik yang belum kembali ke wilayah asal. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat