bdadinfo.com

Realisasi Destinasi Wisata Prioritas, PUPR Rampungkan Infrastruktur Pariwisata KSPN Wakatobi di Sulawesi Tenggara Tahap I - News

Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara. Foto: Kementerian PUPR

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) tetap dalam program untuk melanjutkan penataan dan pengembangan infrastruktur pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wakatobi yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) merupakan sebuah gagasan dan upaya konkret yang dilakukan oleh pemerintah pusat sampai daerah untuk meningkatkan devisa dan investasi.

Pada penataan KPSN Wakatobi Tahap I ini, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Tenggara, Direktorat Jenderal Cipta Karya telah berhasil untuk menyelesaikan empat destinasi wisata unggulan.

Baca Juga: Jalan Tol di Sumatera Sudah Bisa Dilalui Pengendara, PT Hutama Karya Optimistis Pembangunan JTTS Selesai Menjelang Akhir 2024

Sejak 2017, program ini mulai dijalankan dengan target menciptakan, merekonstruksi, dan membangun serta mengembangkan 10 destinasi wisata dengan status Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Kawasan Wakatobi sudah ditetapkan sebagai salah satu KSPN Prioritas dari 10 destinasi wisata baru yang dikembangkan oleh Pemerintah berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016, dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah wisatawan dalam dan luar negeri ke Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, pu.go.id, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyampaikan jika, pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu dan selaras.

Mulai dari pemilihan lokasi, penataan kawasan, aksesibilitas, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sistem sanitasi, dan perbaikan hunian masyarakat berdasarkan rencana induk pembangunan infrastruktur.

Baca Juga: Crystal Palace vs MU: Ten Haag Bela Casemiro yang DItuduh Sebagai Biang Kerok Kekalahan Memalukan Setan Merah

Di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Wakatobi ini ada empat destinasi wisata unggulan yang dibangun dan dipersiapkan sebagai opsi destinasi untuk wisatawan. Empat destinasi itu adalah Alun-alun Merdeka, Puncak Toliamba, Sombu Dive, dan Danau Kapota dengan total anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 96,54 miliar.

Untuk Alun-alun Merdeka, pemerintah mencoba menyediakan sebuah ruang terbuka yang bisa menjadi pusat kegiatan masyarakat. Kemudian untuk Puncak Toliamba, Sombu Dive, dan Danau Kapota merupakan destinasi wisata alam yang juga dipersiapkan untuk menarik wisatawan.

Berbagai destinasi wisata di KSPN Wakatobi ini memiliki atraksi dan keunggulannya tersendiri untuk bisa mendatangkan wisatawan.

Baca Juga: Perbedaan Budaya dan Agama dalam Kehidupan Sehari-hari, Kunci Jawaban PKn Kelas 6 SD/MI Halaman 110-113 Kurikulum Merdeka

Di sisi lain, para stakeholder yang terlibat juga tidak lupa untuk membangun dan melakukan penataan kawasan terkait area plaza terbuka, fasilitas penunjang pariwisata, dan menciptakan ekosistem yang ramah untuk UMKM dengan memberikan area khusus untuk kios souvenir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat