bdadinfo.com

Bye Banten! 3 Kota dan 2 Kabupaten Membelot Proklamasikan Provinsi Baru Tengerang Raya Menuju Abad Kejayaan - News

  - Banten adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak pada bagian paling barat Pulau Jawa dengan ibu kota di Kota Serang. Sebelum terjadi pemekaran daerah, provinsi ini sebelumnya pernah menjadi bagian dari wilayah Jawa Barat yang kemudian resmi dimekarkan pada tanggal 4 Oktober 2000.

Kota Tangerang adalah kota yang terletak di Provinsi Banten, Indonesia. Kota ini terletak tepat di sebelah barat DKI Jakarta dengan kepadatan 12.000 jiwa/km2.

Tangerang merupakan kota terbesar di Provinsi Banten, serta ketiga terbesar di kawasan metropolitan Jakarta Raya setelah Kota Bekasi dan Kota Depok.

Baca Juga: Kalimat Langsung dan Tidak Langsung dalam Teks, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 6 Halaman 72 Kurikulum Merdeka

Selain itu, kepolisian di kota ini juga setara dengan wilayah kota penyangga Jakarta lainnya seperti, Kota Depok, Kota Tangerang Selatan dan Kota Bekasi, yang di mana kepolisiannya berkedudukan di wilayah hukum Polda Metro Jaya dan wilayah pertahanan Kodam Jaya.

Kota Tangerang terletak di wilayah barat laut Provinsi Banten dan berada di sisi utara Pulau Jawa. Secara astronomis, kota ini terletak 106°33'–106°44' BT dan 6°05'–6°15 LS. Kota Tangerang mempunyai luas sebesar ±153,9 km².[6]

Kota ini berbatasan dengan Kabupaten Tangerang di sebelah Barat dan Utara, dengan Kota Tangerang Selatan di sisi Selatan, dan dengan DKI Jakarta di sebelah Timur.

Kota Tangerang dilintasi oleh salah satu sungai terbesar di barat Pulau Jawa yaitu Sungai Cisadane.

Sungai ini merupakan bagian dari identitas Kota Tangerang yang tak dapat dipisahkan. Hulu sungai ini terletak di lereng

Rencananya pusat pemerintahan dari provinsi ini akan diadakan di Kota Tangerang.

Pemekaran provinsi di daerah Jawa menjadi topik yang cukup menarik untuk dibahas lebih jauh.

Baca Juga: Jalan Tol Melayang Yogyakarta Paling Sakral di Indonesia Mendekati Garis Finis, Jadi Simbol Integrasi Antara Masa Lalu dan Masa Depan

Pemekaran provinsi daerah Jawa merupakan suatu hal yang memang sangat penting untuk dipertimbangkan secara matang.

Tentunya, pemekaran provinsi ini akan memberikan beragam dampak baik. Salah satunya adalah pemerataan pemerintahan yang lebih baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat