bdadinfo.com

Diam-Diam Jokowi Mencintai Sumatera Barat! Buktinya Proyek Jalan Tol Padang Sicincin Diguyur Dana Jumbo Rp9,8 T Demi Jalan Tol di Sumbar Cepat Rampung - News

 - Siapa bilang Jokowi anaktirikan Sumatera Barat?Buktinya, mega proyek jalan Tol Padang Sicincin adalah Jalan tol Trans Sumatera bagian sirip dari Tol Padang Pekanbaru yang menghubungkan Sumatera Barat dan Riau dengan total panjang 36,6 KM sangat perharian.

Diketahui, jalan Tol Padang Sicincin ini mulai di bangun Pada Bulan Februari tahun 2018[1] yang menghubungkan kota Padang dengan Sicincin yang berada di Kabupaten Padang Pariaman.

Jalan Tol Padang Sicincin ini melewati 5 Kecamatan dan 15 Nagari yang berada di Kabupaten Padang Pariaman.

Baca Juga: Garang! Sumatera Selatan Terus Buru Proyek Jalan Tol Rangkaian JTTS Sepanjang 54 Km: Tahun 2025 Optimis Mulai Konstruksi?

Proses Pembangunan Tol Padang Sicincin ini tidak mudah karena melewati berbagai kontur tanah yang beragam di mulai dari sungai, hutan, bukit, sawah, rawa, dan tanpa pemukiman, oleh karena itu PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI).

Selaku anak usaha dari PT Hutama Karya (Persero) Menggunakan Teknologi Canggih untuk mempercepat proses pembangunannya diantaranya Building Information Modelling (BIM), Light Detection and Ranging (LIDAR), electrical density gauge (EDG), Kolom Grout Modular (KGM).

Sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020–2024. Renstra Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Proyek Jalan Tol Padang Sicincin ini merupakan salah satu prioritas karena tercantum dalam perubahan terakhir peraturan PSN yaitu Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Jalan Tol Padang Sicincin ini dibiayai oleh Penyertaan Modal Negara (PMN) dengan menugaskan kepada PT Hutama Karya (Persero) sebagai Kontraktrok Pelaksananya.

Proyek Jalan Tol Padang Sicincin yang menelan anggaran konstruksi jumbo mencapai Rp9,8 triliun terus dikebut pembangunannya dalam rangka meningkatkan konektivitas antar wilayah khususnya di Pulau Sumatra.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyatakan komitmen pemerintah memperluas jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dilakukan guna mendorong mobilisasi masyarakat, distribusi logistik hingga menggerakkan sektor pariwisata nasional.

Seiring dengan hal itu, Erick menargetkan Jalan Tol Padang Sicincin sepanjang 36 kilometer yang akan menghubungkan Sumatra Barat dan Riau ini dapat dikebut rampung proses konstruksinya pada tahun ini.

Baca Juga: Polemik Kenaikan UKT Beberapa PTN, Ketua Komisi X DPR RI Sebut Kebijakan Ini Sedikit Ugal-Ugalan

"Pengembangan Jalan Tol Padang Sicincin sudah mencapai 55%. Insya Allah sudah bisa kita gunakan tahun ini," tulis Erick dalam unggahan di akun Instagram resminya,

Seiring dengan hal itu, kata Erick, pemerintah optimis dapat merangsang titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, khususnya di sekitar wilayah Padang - Sicincin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat