bdadinfo.com

Selain Bendungan Sepaku Semoi, Ternyata Rencana Proyek Besar Konstruksi 2 Waduk IKN Termegah Bakal Jadi Energi Terbesar Suplai Air Bersih ke Kaltim - News

2 Waduk Baru IKN, Kaltim  (Freepik)

- Selain bendungan sepaku semoi sebagai suplai energi besar air bersih di IKN, ada juga sumber air yang lebih besar yakni 2 waduk Kalimantan Timur

Petani di Sumber Sari, Penajam Paser Utara sedang menaruh harapan besar pada proyek Bendungan Gerak Sungai Telake dan Lambakan yang sebelumnya sempat bergulir.

Sebelumnya telah memasuki dalam tahap pembebasan lahan pada 2020 terkait progres konstruksi pengerjaan Bendungan Gerak Sungai Telake dan Lambakan. 

Baca Juga: 186 Kandidat Bakal Calon Kepala dan Wakil Kepala Daerah Sudah Mendaftar ke DPW NasDem Sumbar, Bakal Adu Peruntungan Maju Pilkada Serentak 2024

Pemprov Kaltim, Pemkab Paser, Pemkab PPU dan Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV sudah melakukan sosialisasi pembebasan lahan di Kecamatan Long Kali. 

Sebelumnya Kementerian PUPR telah menayangkan tender di laman resmi LPSE Kementerian PUPR dengan pagu telah anggaran mencapai Rp759,8 miliar.

Keberadaan Bendungan Gerak Sungai Talake tidak hanya sebagai penyedia sumber air baku irigasi lahan pertanian. 

Baca Juga: Riau Semakin Jauh Meninggalkan Sumatera Barat, Jalan Tol Riau dalam 4 Hari Sudah Dilintasi Lebih dari 100 Ribu Kendaraan: Tol Sumbar Cuma Tambah Debu!

Bahkan juga sebagai solusi pengendalian bencana banjir yang kerap melanda daerah sekitar.

Keterangan resmi dari Warsito, Ketua Kelompok Tani Mekar Jaya di Desa Sumber Sari, banjir sudah menjadi momok yang merugikan bagi para petani setempat. 

Warsito menyatakan, kejadian banjir pada Maret 2023 lalu telah merugikan 13 kelompok tani dengan total lahan yang terkena dampak mencapai 328 hektare. 

Baca Juga: Bismillah, Ope Serahkan Formulir Pendaftaran Sebagai Calon Ketua PWI Sumbar

Kerugian yang dialami mencapai Rp5,9 miliar akibat gagal panen tersebut sebagaimana dikutip dari diskominfo.kaltimprov.go.id.

Disaat musim kemarau El Nino yang juga terjadi pada tahun yang sama menambah beban para petani. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat