bdadinfo.com

Makan Anggaran Rp1,57 T! Kabupaten Konawe Dipastikan Udah Sejahtera, Segera Dioperasikan Bendungan Pertama dan Terbesar di Indonesia - News

Bendungan Termegah, Kab.Konawe (Freepik)

- Progres konstruksi pembangunan proyek Bendungan pertama dan terbesar di Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Konawe dinyatakan rampung. 

Bendungan Ameroro yang berlokasi di Kab. Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara baru diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Selasa, 14 Mei 2024.

Peresmian tersebut ditandai secara simbolis dengan menyentuh totem sensor dan prosesi penandatanganan prasasti dilaksanakan oleh Jokowi.

Baca Juga: Semen Padang Dirikan Dapur Umum dan Bantu Pencarian Korban Banjir Bandang Lahar Dingin Hingga ke Padang Pariaman

Bendungan Ameroro yang merupakan bendungan ke-40 telah berhasil dibangun di era pemerintahannya selama 10 tahun memimpin.

Dengan memiliki kapasitas tampung sebesar 88 juta meter kubik dan luas genangan sebesar 398 hektare ini.

Dibangun sejak tahun 2020 dan berhasil dirampungkan di akhir tahun 2023 dengan menggunakan biaya anggaran mencapai Rp1,57 triliun.

Baca Juga: Pj Gubernur Aceh Terbitkan Qanun Guna Pastikan Pekerja Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

Adapun kapasitas daya tampung yang dimiliki, keberadaan bendungan diharapkan bisa mencegah terjadinya krisis air di Indonesia.

Serta meningkatkan daya tampung air sekaligus sebagai pengendali banjir yang bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Konawe.

Keberhasilan proyek bendungan Ameroro tidak lepas dari dukungan stakeholder terutama Kementerian PUPR sebagai project owner, mitra kerja dan masyarakat.

Baca Juga: Modifikasi Cuaca di Sumatera Barat, BMKG Tabur 15 Ton Garam NaCl di Wilayah Terdampak Banjir

Serta peran dari PT Wijaya Karya-PT Sumber Cahaya Agung-PT Basuki Rahmanta Putra (KSO) selaku kontraktor pelaksana yang mengerjakan paket I 

Dilanjut oleh PT Hutama Karya- PT Adhi Karya (KSO) selaku kontraktor pelaksana yang mengerjakan paket II.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat