bdadinfo.com

Rampung 2028! Kabupaten Bogor Segera Bangun Konstruksi Proyek Besar Bendungan Multifungsi Demi Kurangi Banjir Bandang Tiap Tahun, Kapan Dimulai? - News

Bendungan Termegah di Jabar (Freepik)

- Proyek strategis nasional tidak hanya dilakukan daerah Sumatera melainkan Kabupaten Bogor tengah mengerjakan Bendungan Terbesar.

Pembangunan Bendungan Cijurey yang memasuki paket I di Kecamatan Sukamakmur, Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat sedang dikerjakan oleh Kementerian PUPR. 

PT Brantas Abipraya Persero menargetkan rampung pada 2028 untuk mengatasi banjir bandang yang sering terjadi di Kabupaten Karawang dan Bekasi.

Baca Juga: Jalan Alternatif Padang-Bukittinggi via Malalak Kabupaten Agam Sudah Bisa Dilewati

Direktur Toha menyatakan, Bendungan Cijurey memantapkan komitmen Brantas Abipraya menjadi BUMN di bidang konstruksi yang unggul dalam proyek infrastruktur air.

“Pembangunan bendungan (Dijurey) ini adalah salah satu upaya Brantas Abipraya dalam kontribusi kami mengatasi banjir yang,” 

“Lerap terjadi di Kabupaten Karawang dan Bekasi. Bendungan inipun ditargetkan tuntas tahun 2028,” ujar Direktur Operasi I Brantas.

Baca Juga: Semen Padang Turunkan TRC dan Loader Bebaskan Sitinjau Lauik dari Material Longsoran

Brantas Abipraya, Muhammad Toha Fauzi, dalam keterangannya di Jakarta pada Senin 16 Oktober 2023.

Rencananya Bendungan Cijurey yang dibangun dengan tipe urugan random tanah agar bisa mereduksi banjir sebesar 59,33 persen.

“Tak hanya itu, bendungan inipun nantinya akan menjadi solusi untuk kebutuhan masyarakat untuk mengairi lahan persawahan dan irigasi yang kering selama kemarau,”ujar Toha. 

Baca Juga: Dapat Peringatan! Sumatera Barat Disebut-sebut Bakal Tertinggal dari Provinsi Lain di Sumatera Jika Tak Kunjung Punya Jalan Tol: Kok Bisa? 

Keterangan resmi dari Toha, selain mengairi irigasi seluas 561 hektare dibangun yang akan menghasilkan air baku sebesar 0.71 meter kubik per detik dan PLTA sebesar 2x0.5 mega watt. 

Selanjutnya, menurut Brantas Abipraya dalam penyelesaian yang berfokus untuk menghasilkan karya konstruksi bendungan yang unggul, tepat mutu, biaya dan tepat waktu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat