bdadinfo.com

Dapat Peringatan! Sumatera Barat Disebut-sebut Bakal Tertinggal dari Provinsi Lain di Sumatera Jika Tak Kunjung Punya Jalan Tol: Kok Bisa?  - News

Sumatera Barat Disebut-sebut Bakal Tertinggal dari Provinsi Lain di Sumatera Jika Tak Kunjung Punya Jalan Tol (bpjt.pu.go.id)

– Indonesia kini tengah mengebut pembangunan infrastruktur di berbagai wilayahnya.

Salah satunya yang paling menyita perhatian adalah pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang semakin mengular dari Lampung hingga Aceh.

Salah satu provinsi di Sumatera yang dianggap tertinggal dari provinsi lainnya adalah Sumatera Barat (Sumbar).

Baca Juga: Konstruksi Tol di Sumatera Barat Kalah Jauh dari Bengkulu dan Riau! Dari Soal Pembebasan Lahan hingga Lobi Pemerintah Pusat: Pemprov Sumbar Kenapa? 

Hal ini karena beberapa provinsi yang dilewati mega proyek JTTS telah berhasil menyelesaikan ruas-ruas jalan tolnya.

Sementara itu, Sumbar belum juga merampungkan satu jalan tol yang melintas di wilayahnya.

Dengan kondisi demikian, salah satu anggota DPRD Sumbar pun angkat bicara.

Baca Juga: Dianggap Sangat Lamban, Biang Kerok Alotnya Pembangunan Jalan Tol di Sumbar Rupanya karena Masalah Pembebasan Lahan: Kenapa Lagi? 

Hidayat yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra mewanti-wanti jika Sumbar tak segera memiliki jalan tol maka provinsi tersebut akan semakin tertinggal dari provinsi lainnya di Sumatera.

Kekhawatiran tersebut bukan tanpa alasan, hal ini karena memang jalan tol akan membawa banyak dampak positif di wilayah yang dilaluinya.

Kehadiran tol Padang-Pekanbaru dinilai dapat menumbahkan ekonomi Sumbar.

Baca Juga: Sumbar Tidak Bisa Leha-leha Lagi! Pembangunan Jalan Tol di Wilayahnya Kalah dari Riau dan Bengkulu, Pembebasan Lahan Lagi-lagi Jadi Kendala Utama 

Apabila perekonomian sudah melesat maka permasalahan kemiskinan, pengangguran dan hal lain akan ikut terselesaikan seiring waktu.

“Tol itu memudahkan transportasi dan distribusi dua hal ini berpengaruh besar untuk pertumbuhan ekonomi,” ujar Hidayat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat