bdadinfo.com

Rampung Desember! Kabupaten Trenggalek Segera Dimulai Pembangunan konstruksi Bendungan Megah Bikin Jawa Timur Bahagia, Kapan Beroperasi Penuh? - News

Bendungan terbesar di Jatim (Freepik)

- Pengerjaan proyek strategis nasional tengah fokus membangun Bendungan terbesar di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

Bendungan terbesar yang ada di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur tersebut diberi nama “Bendungan Bagong”. 

Pembangunan Bendungan Bagong di Trenggalek, Provinsi Jawa Timur dikelola oleh PT Brantas Abipraya Persero agar bisa selesai tepat waktu dan mendukung irigasi kawasan itu.

Baca Juga: Kalimat Baru dari Kata dalam Teks Alat Transportasi, Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 193 Subtema 4 Pembelajaran 4

“Bendungan itu bertujuan untuk memenuhi misi ketahanan pangan dan ketahanan air dalam,”

“Program Strategis Nasional Pemerintah,” ujar Direktur Utama Brantas Abipraya, Sugeng Rochadi pada Kamis 1 Februari 2024.

Dirut, Sugeng menyatakan bahwa Bendungan Bagong ini merupakan bendungan multiguna yang berfungsi tak hanya sebagai sumber air baku.

Baca Juga: Jalur Kereta Api Akan Diaktifkan Lagi, Ini Dua Lintasan Pertama di Sumatera Barat yang Menghidupkan Nostalgia

Melainkan sebagai pengendali banjir, sumber daerah irigasi, sumber pembangkit listrik dan juga berpotensi menjadi destinasi baru pariwisata.

“Pembangunan bendungan ini merupakan upaya kami dalam memitigasi krisis air dan kekeringan yang terjadi pada climate change,” ujar Sugeng.

“Brantas Abipraya akan terus menunjukkan komitmennya dalam memajukan sektor infrastruktur, salah satunya dalam pembangunan sumber daya air,” tutur Dirut. 

Baca Juga: Barcelona vs Sociedad: Kembali Ke Jalur Kemenangan, El Barca Berhasil Kalahkan Los Txuri-Urdin Dengan Skor 2-0

“Melalui proyek Bendungan Bagong inipun juga merupakan wujud nyata sinergi positif Brantas Abipraya,”

“sebagai BUMN Karya dengan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat),” ujar Sugeng. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat