bdadinfo.com

Sulawesi Utara Membangun Kejayaan! Rela Keluarkan Dana Jumbo Rp2 Triliun Demi Proyek SPAM Bitung Mampu Suplai Air 2 Kota dan 1 Kabupaten di Sulut - News

SPAM regional ini akan menyediakan kebutuhan air minum di Kota Manado, Kota Bitung, dan Kabupaten Minahasa Utara,

- Sebelumnya dilaksanakan Kick-off Meeting Penyusunan Prastudi Kelayakan Proyek KPBU SPAM Bitung yang difasilitasi oleh Direktorat Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Permukiman, Kementerian PUPR.

Tujuan dari dilaksanakanya kegiatan Kick-off Meeting tersebut untuk membahas rencana kerja dan timeline serta Kebutuhan data untuk Penyusunan Prastudi Kelayakan SPAM Kota Bitung.

Adapun secara umum, hal hal yang perlu diperhatikan terkait Proyek KPBU SPAM Bitung diantaranya:

Baca Juga: Terbengkalai Jabar! Setelah Akhirnya Resmi Jadi PSN, Akhirnya Dibangun Proyek Jalan Tol Dalam Kota Bandung Demi Atasi Kemacetan Parah di Jalur Bandung

Perlu segera dibentuk tim simpul KPBU;

-Perlu diperhatikan mengenai kapasitas fiskal PJPK untuk menjamin keberlanjutan proyek;

-Perlu dipastikan mengenai target pengurangan NRW, indikasi area layanan, dan besaran peningkatan cakupan pelayanan;

-Perlu dipastikan apakah sudah diterapkan regulasi mengenai penggunaan air tanah di Kota Bitung; dan

Baca Juga: Jalan Tol Terbaru Sumatera Utara Terus Naik Daun, Dalam 3 Hari Ada Lebih Dari 30 Ribu Kendaraan yang Melintas: Akhir Tahun 2024 Ada Tol Lagi?

-Perlu diperhatikan terkait dengan alokasi sumber air baku, salah satunya terkait dengan pembangunan Bendungan Kuwil yang rencananya akan mengalokasikan untuk SPAM Bitung.

-Penyusunan dokumen Pra Studi Kelayakan ditargetkan akan selesai pada bulan November 2024

Sampai saat ini kondisi suplai air di Sulawesi Utara (Kota Manado, Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara) masih belum dapat memenuhi kebutuhan akibat adanya peningkatan jumlah pelanggan.

Oleh karenanya, sebagai salah satu solusi, dalam Renstra Ditjen Sumber Daya Air Tahun 2020-2024 dan RTRW Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2014-2034 telah direncanakan pembangunan SPAB Kuwil.

Mega proyek sistem penyediaan air minum atau SPAM yang dianggap selesai dikerjakan justru menimbulkan masalah baru bagi masyarakat Kelurahan Karondoran Kecamatan Ranowulu.

Pasalnya sarana jaringan air bersih tersebut yang diarahkan menuju rumah penduduk hingga kini belum menikmati sebagaimana mestinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat