bdadinfo.com

Terekam CCTV, Harimau Sumatera Terlihat Berkeliaran di Pekarangan Masjid di Lubuk Selasih Solok - News

Harimau Sumatera Terlihat Berkeliaran di Pekarangan Masjid di Lubuk Selasih Solok (Tangkapan layar)

SOLOK, - Tertangkap jelas dari kamera CCTV, seekor harimau Sumatera terlihat berkeliaran di pekarangan Masjid H Alius, Lubuk Selasih, Kabupaten Solok, Kamis (30/5/2024). Video tersebut viral di berbagai media sosial dan membuat masyarakat cukup resah.

Terkait kondisi tersebut, Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) bersama Tim Patroli Anak Nagari (Pagari) langsung turun ke lokasi untuk melakukan upaya mitigasi dan edukasi kepada masyarakat.

Menurut Kepala BKSDA Sumbar, Lugi Hartanto, timnya mendapat laporan pada Kamis dini hari sekira pukul 02.00 WIB.

Baca Juga: Bikin Kamu Rileks! 8 Titik Pijat Refleksi Kaki yang Bisa Kamu Coba untuk Terapi Kesehatan secara Tradisional

Tim langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan penanganan. "Tim melakukan upaya penggiringan satwa ke habitatnya yang berbatasan langsung dengan pemukiman warga di kawasan hutan," jelas Lugi lewat keterangan tertulis, Jumat (31/5/2024).

Ia menjelaskan, upaya penggiringan dilakukan agar masyarakat merasa tenang dan tidak terjadi korban jiwa, baik dari pihak manusia maupun satwa.

"Tim gabungan yang terdiri dari BKSDA Sumbar, Tim Pagari, Polsek Gunung Talang, Polres, Bhabinsa, dan Pemerintahan Nagari, bekerja sama untuk menghalau harimau tersebut," sambungnya.

Hingga malam hari, tim gabungan masih melakukan penghaluan bersama. "Kami juga memantau pergerakan harimau melalui CCTV," ujar Lugi.

Baca Juga: Pemerintah Kota Pariaman Berharap 'Hoyak Tabuik' 2024 Datangkan Ratusan Ribu Wisatawan

Baca Juga: Harimau Sumatra Terpantau di Saluran Air, Tim BKSDA Lakukan Penanganan Cepat

Tim juga melakukan upaya pencegahan dengan membunyikan meriam karbit agar satwa tidak mendekati lagi wilayah pemukiman. Selain itu, tim memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap waspada dalam beraktivitas. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat