bdadinfo.com

Gubernur Sumbar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Raya Jihad Koto Hilalang - News

Gubernur Sumbar Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Raya Jihad Koto Hilalang (Humas Pemprov Sumbar )

- Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melakukan peletakan Batu pertama Masjid Raya Jihad Koto Hilalang, Kecamatan Ampek Angkek, Agam, Minggu, 2 Juni 2024.

Gubernur menekankan, pembangunan tersebut merupakan penegasan akan fungsi strategis masjid dalam kehidupan bermasyarakat di Sumbar.

"Pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2022 tentang Sumatera Barat, di mana salah satu butirnya menyebutkan bahwa salah satu karakteristik masyarakat Sumbar itu adalah memegang falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah," ujar Gubernur mengawali sambutannya.

Baca Juga: Gubernur Mahyeldi Buka Pelatihan Bendahara/Verifikator Keuangan SKPD Pemprov Sumbar

Kehadiran masjid, sambung Gubernur, adalah salah satu wujud pengimplementasian atas UU tentang Sumatera Barat tersebut. Sehingga, fungsi strategis masjid harus terus dimaksimalkan dalam pelaksanaan kehidupan masyarakat di Ranah Minang.

"Keberadaan masjid memiliki peran yang amat penting dalam perjalanan Islam dan juga dalam perjalanan kehidupan untuk memberikan ketenangan dan kedamaian jiwa, bagi orang-orang yang beribadah di dalamnya," kata Gubernur lagi.

Patut disadari, sambung Gubernur lagi, bahwa kehidupan masyarakat di Sumbar telah senyawa dengan masjid. Terlebih, Masjid Raya Jihad Koto Hilalang berada di jalan kelas utama, yang tentu akan mempengaruhi perkembangan terhadap ekonomi masyarakat sekitar karena akan banyak musafir mampir untuk salat dan beristirahat.

Baca Juga: Pendirian Rumah Tahfiz, Gubernur Sumbar Puji Komitmen Membumikan Quran di Kelurahan Jalan Kereta Api

"Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama. Dalam kurun waktu dua tahun tepat pada tahun 2026 nanti, Masjid Raya Jihad Koto Hilalang segera terwujud sesuai dengan impian masyarkat Koto Hilalang," harap Gubernur.

Sementara itu, Bupati Agam diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan Hamdi mengapresiasi atas upaya dan antusias masyarakat Koto Hilalang dalam pembangunan Masjid Raya Jihad Koto Hilalang. Serta telah ikut berperan dalam mencapai target RPJMD Kab. Agam untuk mewujudkan Agam madani dengan perwujudan ABS-SBK.

"Atas nama Pemkab Agam, saya mengucapkan terima kasih kepada tokoh-tokoh masyarakat dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan Masjid Raya Jihad Koto Hilalang ini, Semoga menjadi amal ibadah bagi kita semua," ucap Hamdi. (ADPSB)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat