bdadinfo.com

Meski Tak Direstui Raja Keraton Yogyakarta! Akhirnya, Yogyakarta Punya Jalan Tol Pertama Telan Uang Rp14,62 Triliun Terhubung Langsung ke Jawa Tengah - News

Jalan Tol Yogyakarta - Bawen sepanjang 76,30 Km yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN). Kehadiran Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang terhubung dengan Tol Trans Jawa ruas Semarang - Solo

 -  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Jogja Bawen terus mempercepat penyelesaian konstruksi Jalan Tol Yogyakarta - Bawen sepanjang 76,30 Km yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Kehadiran Jalan Tol Yogyakarta-Bawen yang terhubung dengan Tol Trans Jawa ruas Semarang - Solo diharapkan akan meningkatkan perekonomian dan konektivitas wilayah, khususnya Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah.

Menteri Basuki berpesan kepada Badan Usaha Jalan Tol untuk bisa merumuskan strategi percepatan, sehingga penyelesaian Tol Yogyakarta - Bawen, khususnya Seksi 1 Sleman - Banyurejo bisa tuntas konstruksinya tepat waktu.

Baca Juga: Jambi Tunjukkan Taringnya! Pemprov Jambi Secepatnya Dimulai Pembangunan Lahan Tidur Disulap Jadi Area Pertanian Terluas se-Kabupaten

"Saya minta tahun ini progres fisiknya 85%, awal tahun 2025 ruas Banyurejo sudah selesai," kata Menteri Basuki.

Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen memiliki 6 Seksi yang terbagi menjadi Seksi 1 Sleman - Banyurejo sepanjang 8,25 Km dengan progres konstruksi saat ini sudah mencapai sebesar 72?n ditargetkan selesai pada kuartal I tahun 2025.

Kemudian Seksi 2 Banyurejo - Borobudur sepanjang 15,26 km progres lahan sudah 84,44 persen, yang nantinya pada Seksi 2 Banyurejo - Borobudur dapat menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur dan akan segera dimulai lelang konstruksinya diperkirakan akan mulai konstruksi pertengahan April 2024.

Selanjutnya untuk Seksi 3 Borobudur - Magelang sepanjang 8,08 km lahan 27,84 persen, Seksi 4 Magelang - Temanggung (16,26 km) lahan 1,3 persen, dan Seksi 5 Temanggung - Ambarawa (22,56 km) dengan pekerjaan lahan 0,9 persen.

Seksi 6 Ambarawa - Junction Bawen terkoneksi Tol Semarang-Solo (5,21 km) dengan pekerjaan lahan 65,79 persen dan konstruksi 4,41 persen.

Menteri Basuki meminta kepada kontraktor dan konsultan pengawas untuk lebih semangat dalam menyelesaikan pekerjaan pembebasan lahan Tol Yogyakarta-Bawen.

"Lebih semangat, saya percaya PT. Adhi Karya dan PT. Jasa Marga pasti bisa," kata Menteri Basuki.

Yogyakarta akan memiliki jalan tol yang selama ini diidam-idamkan oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Bupati Pesisir Selatan Ingatkan Petani Singkirkan Sifat Malas

Jalan Tol pertama yang dimiliki oleh Yogyakarta ternyata mulai dibangun pada masa pemerintahan Presiden Jokowi yaitu pada Tahun 2022 lalu.

Jalan tol tersebut yaitu tol Yogyakarta - Bawen sepanjang 76,30 Km yang bertempat di Padukuhan Sanggrahan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat