bdadinfo.com

Hampir 100 Persen Selesai, Turyapada Tower Bakal Jadi Menara Tinggi Pertama di Bali Setara Eiffel: Begini Fasilitasnya - News

Turyapada Tower bakal jadi menara tinggi pertama di Bali setara Eiffel (Hutama Karya)

- Memasuki waktu dua tahun sejak dilakukannya groundbreaking pada Juli 2022 silam, pengerjaan proyek Turyapada Tower KBS 6.0 di Kabupaten Buleleng, Bali dikabarkan akan segera selesai.

Hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur Bali 2018-2023 Wayan Koster saat melakukan kunjungannya ke Turyapada Tower untuk melihat progres perkembangan pembangunan pada Minggu, 9 Juni 2024.

Berdasarkan informasi dari Hutama Karya selaku pihak pelaksana proyek, Wayan mengatakan bahwa kontrak pembangunan Turyapada Tower akan selesai pada 4 Juli 2024, di mana saat ini progresnya telah mencapai 98%.

Baca Juga: Kunci Jawaban Evaluasi Tema 4 Bagian B IPS Kelas 8 SMP/MTs Halaman 296 Semester 2 Kurikulum Merdeka

“Menurut hitungan, waktu sisa kerja sejak 9 Juni sampai 30 Juni ini diperkirakan sudah selesai, sekarang 98%. Jadi, saya kira 2% lagi sampai 30 Juni selesai,” kata Wayan, sebagaimana dikutip dari video yang diunggah di kanal YouTube TVNe Bali pada 10 Juni 2024.

Adapun fungsi utama Turyapada Tower saat ini sudah dinyatakan siap beroperasi, terutama pada penyediaan sarana dan prasarana TV digital.

Kemudian, tahap selanjutnya adalah tinggal berkomunikasi dengan para pemegang mux TV digital di Bali, yaitu TVRI, Metro TV, Nusantara TV, dan VIVA Group.

Dengan tujuan agar para pemegang mux TV digital tersebut bersedia untuk memancar luaskan siarannya dari Turyapada Tower ini.

Baca Juga: Kota Batam Semakin Berkembang! KEK Tanjung Sauh Ditetapkan Pemerintah, Manfaatkan Peluang Ekonomi di Provinsi Kepulauan Riau

Turyapada Tower sendiri tidak hanya difungsikan sebagai pemancar sinyal digital, namun lebih dari itu, menara ini juga berfungsi sebagai tempat wisata.

Akan tetapi, untuk sarana wisata di Turyapada Tower secara keseluruhan baru bisa beroperasi pada 2026 mendatang.

Proyek senilai Rp334,27 miliar yang dibangun setinggi 115 meter ini memiliki berbagai fasilitas di dalamnya.

Seperti halnya, pada puncak tower yang difungsikan sebagai pemancar siaran TV digital, telekomunikasi seluler, internet, hingga komunikasi radio komunitas.

Lalu, badan tower sebagai wahana edukasi berupa planetarium, skywalk, restoran putar 360 derajat, dan jembatan kaca.

Baca Juga: Andre Rosiade Berbagi 400 Paket Makanan untuk Jamaah Haji asal Sumbar jelang Armuzna

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat