bdadinfo.com

Bukan Jatiluhur dan Jatigede, Siapa Sangka Bendungan Pertama ini Dibangun 113 Tahun Lalu dan Letaknya di Jawa Tengah - News

Wisata Alam Bendungan Nglangon, Grobogan, Jawa Tengah.

- Bendungan Jatiluhur dibangun sejak tahun 1957 dan telah menjadi bendungan terbesar di Indonesia yang letaknya di Kabupaten Purwoketo, Jawa Barat.

Tidak hanya Bendungan Jatiluhur yang terbesar, Bendungan Jatigede juga terbesar kedua yang terletak di Kabupaten Sumedang.

Lalu siapa sangka kedua bendungan yang mendapat gelar terbesar di Indonesia ini bukan bendungan pertama yang dibangun.

Baca Juga: Bendungan Sepaku Semoi: Pembangunan Infrastruktur IKN Pertama yang Tuntas, Siap Pasok Air Baku dan Jadi Destinasi Wisata Baru di Kalimantan Timur!

Dikutip dari berbagai sumber, pada 14 Juni 2024, letak bendungan pertama ini berada di Grobogan, Jawa Tengah yang telah dibangun semenjak 113 tahun yang lalu yang bernama Nglangon. Tepatnya pada masa Pemerintahan Belanda.

Mungkin kehadirannya tidak cukup dikenal untuk kalangan masyarakat sekarang. Namun jangan khawatir, artikel ini akan memberikan informasi tentang bendungan pertama di Indonesia ini.

Bendungan ini mempunyai sejumlah manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar. Seperti menyuplai irigasi persawahan, memasok air baku, serta mereduksi banjir di wilayah sekitaran.

Bendungan ini dibangun pertama kali di Indonesia dan mampu menyuplai irigasi dengan luas 750.000 hektare (ha).

Bukan waktu yang singkat, namun nama dari bendungan pertama ini adalah Bendungan Nglangon yang dibangun sejak tahun 1911 sampai 1914. Tentu dengan usia yang tua, bendungan ini sampai saat ini telah mengalami renovasi terus-menerus.

Pada tahun 2012, untuk pertama kalinya kawasan Bendungan Nglangon ini dipasangkan lampu sebagai penerangan serta jalan yang diaspal.

Baca Juga: PLN Sumbar Siap Kawal Pasokan Listrik Idul Adha 1445H

Hingga pada akhirnya jembatan pertama dibangun pada tahun 2019 dan diresmikan oleh bupati Kabupaten Grobogan saat itu.

Kawasan bendungan ini mempunyai pemandangan yang menarik. Terdapat hutan jati yang membuat pemandangan sekitar bendungan begitu alami dan asri.

Adapun sumber air dari bendungan ini bersumber dari aliran air pegunungan di sekitarnya. Hal ini membuat pembangunan bendungan ini dapat dimanfaatkan masyarakat karena bisa mendapatkan pengaliran air dengan mudah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat