bdadinfo.com

Ungkap Maktab VIP Berantakan, Andre Rosiade: Cek Asosiasi Travel Haji Indonesia! - News

Andre Rosiade di Tanah Suci Mekkah

- Persoalan tenda tidak hanya terjadi pada jemaah haji reguler. Jemaah haji yang berangkat lewat jalur furoda VIP juga terpaksa tidur di lorong karena tidak mendapatkan tempat tidur.

Hal ini diungkap oleh Andre Rosiade, jemaah furoda yang juga anggota Komisi VI DPR-RI Fraksi Partai Gerindra. Di Mina, Andre Rosiade menempati tenda VIP di Maktab 115.

"Maktab VIP 115 berantakan. Pertama, banyak jemaah telantar, nggak dapat sesuai haknya, tempatnya di tenda karena overload. Banyak (jemaah) yang tidur di lorong luar tenda," kata Andre Rosiade kepada wartawan, Selasa, 18 Juni 2024.

Baca Juga: Berkembang Pesat Riau! Berabad Tahun Molor, Akhirnya Pemko Beri Lampu Hijau Segera Dibangun Konstruksi Mega Proyek Pasar Megah Berkualitas Premium

Selain tidak mendapatkan tenda, Andre Rosiade mendapati antrean jemaah di toilet yang cukup panjang hingga berjam-jam.

“Maktab 115 itu, antara orang dengan WC nggak manusiawi jumlahnya. Bahkan, sebelum Subuh, itu jemaah bisa antre 2 jam masuk ke toilet," tuturnya.

Andre tidak mengetahui pasti apa penyebab tendanya itu melebihi kapasitas yang seharusnya.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Jawa Kelas 2 Halaman 86-89 Gladhen Wulangan 4 Tantri Basa: Teks Cerita Narasi dan Percakapan

Andre Rosiade mendorong pemerintah berkoordinasi dengan otoritas Arab Saudi memeriksa pengelola maktab untuk mengetahui persoalan apa yang terjadi.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatra Barat itu juga meminta Kementerian Agama (Kemenag) RI memeriksa pihak asosiasi travel haji Indonesia.

"Overload penyebabnya apa, nah kita minta Menag berkoordinasi dengan pemerintah Arab Saudi untuk memeriksa itu pengelola Maktab 115 dan cek asosiasi travel haji Indonesia," katanya.

Baca Juga: Jadi Energi Masa Depan, PLN Terus Kembangkan Ekosistem Hidrogen di Indonesia

"Kenapa ini bermasalah? Udah nggak dapat haknya, tempat tidurnya nggak dapat, lalu WC-nya jarang banget," tambahnya.

Andre Rosiade mengatakan jemaah furoda khusus tidak mendapatkan fasilitas sesuai haknya, padahal sudah mengeluarkan biaya yang mahal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat