bdadinfo.com

Pemko Bukittinggi Terima Kunjungan Tim Penilai Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi 2024 - News

Pemko Bukittinggi Terima Kunjungan Tim Penilai Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi 2024 (IST)

- Pemerintah Kota Bukittinggi menyambut kedatangan Tim Verifikasi Lapangan Lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024.

Rombongan ini mengunjungi Posyandu Nuri di Kelurahan Campago Ipuah pada Selasa, 25 Juni 2023.

Wali Kota Bukittinggi, melalui Staf Ahli Bidang Administrasi dan Keuangan, Drs. Melfi, M.Si, menyampaikan bahwa penilaian ini merupakan kesempatan untuk evaluasi dan menyusun strategi guna mencapai tujuan yang lebih besar dalam kategori kesehatan ibu dan anak, serta kesehatan umum dan pelayanan kesehatan.

Baca Juga: Bupati Agam: Olahraga Kunci Kesehatan dan Produktivitas Kinerja

"Posyandu adalah salah satu ruang masyarakat untuk berpartisipasi dalam program pembangunan di bidang kesehatan. Bagi Kota Bukittinggi, hal yang terpenting adalah bagaimana kelanjutan pembangunan itu dilaksanakan. Dan nilai plusnya dapat menjadi prestasi bagi kader posyandu dalam bentuk piagam kemenangan," ujarnya.

Ketua Tim Juri Verifikasi Lapangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Kuartita Efari Handiana, S. Km, MM, memberikan apresiasi kepada Lurah dan masyarakat Campago Ipuah atas keberhasilan Posyandu Nuri masuk dalam nominasi mewakili Kota Bukittinggi.

"Verifikasi lapangan dilakukan untuk melihat langsung aktivitas kader dalam penyelenggaraan pelayanan di posyandu sekaligus melakukan monitoring kinerja pengelolaan posyandu, mengetahui manfaat posyandu terhadap masyarakat, termasuk keberadaan dukungan dan partisipasi dari dinas, instansi, pihak swasta dan masyarakat, dalam pengelolaan serta pembinaan posyandu yang ada di wilayahnya," katanya.

Baca Juga: Jepang Dilanda Kasus Bakteri 'Pemakan Daging', Akankah Sampai ke Indonesia?

Kuartita menegaskan bahwa penilaian akan dilakukan secara objektif dengan personil penilai yang kompeten di masing-masing bidang, dan mengedepankan unsur-unsur pembinaan.

Terkait perhatian terhadap kesehatan masyarakat, pemerintah Kota Bukittinggi telah melakukan berbagai langkah, terutama dalam kegiatan posyandu.

Beberapa di antaranya adalah pemberian honor kader posyandu setiap bulan melalui DPA kelurahan, peningkatan nilai Pemberian Makanan Tambahan (PMT), pemberian insentif bulanan untuk Bina Keluarga Balita (BKB) dan tenaga pendidik PAUD, serta bantuan dalam bentuk hibah.

Kunjungan tim verifikasi ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas pelayanan posyandu di Bukittinggi dan memotivasi kader posyandu untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Pemerintah Kota Bukittinggi berkomitmen untuk terus mendukung dan membina posyandu sebagai bagian penting dari upaya peningkatan kesehatan masyarakat. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat