bdadinfo.com

Alhamdulillah, Menlu Retno Marsudi Umumkan 538 WNI Telah Berhasil Dievakuasi dari Sudan - News

Pemerintah berhasil mengevakuasi sebanyak 538 WNI akibat konflik di Sudan. Pada WNI terlihat sedang di Port Sudan (Foto: Humas Kemlu)

- Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengumumkan bahwa 538 warga negara Indonesia (WNI) telah berhasil dievakuasi dari Sudan melalui Jeddah, Arab Saudi.

“Ini adalah evakuasi tahap 1 yang dipimpin langsung oleh Dubes RI di Khartoum, Sudan,” kata Retno soal WNI yang telah dievakuasi.

Para WNI yang dievakuasi itu terdiri atas 273 perempuan, 240 laki-laki, dan 25 balita.

Baca Juga: Menelisik Pasal Baru yang Disebut Kemenkes Beri Perlindungan Tambahan kepada Nakes dalam RUU Kesehatan

Sebelum diberangkatkan ke Jeddah melalui jalur laut untuk kemudian dipulangkan ke Tanah Air, mereka dibawa dan tiba di Kota Port Sudan pada Senin, 24 April 2023 pukul 01.00 waktu setempat.

WNI yang dievakuasi sebagian besar adalah mahasiswa Indonesia, pekerja migran Indonesia, karyawan perusahaan Indofood, dan staf KBRI beserta keluarganya.

Rombongan tersebut berangkat dari Khartoum pada Minggu, 23 April 2023 pukul 08.00 waktu setempat.

Baca Juga: Anaknya Hajar Korban Sampai setengah Mati, Kompol Abdul Rahman Malah Suruh Ambil Senjata Laras Panjang

Mereka disebutkan menempuh perjalanan selama 15 jam ke Port Sudan melalui kota Atbara, Damir, Mismar, dan Sawakin. Selain itu, terdapat sekitar 15 pos pemeriksaan sepanjang perjalanan.

“Saat ini, 538 WNI tersebut sedang beristirahat di rumah persinggahan di Port Sudan sebelum keberangkatan menuju Jeddah melalui jalur laut. Insya Allah persiapan pulang ke Indonesia juga terus dilakukan,” tutur Menlu Retno.

Pemerintah Indonesia disebutkan terus menjalin komunikasi dengan otoritas di Sudan untuk memastikan jalur aman dan keamanan bagi WNI.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat