bdadinfo.com

Prediksi Cuaca 24 Mei 2023: Sabang sampai Merauke Potensi Cerah Berawan - News

BMKG rilis prakiraan cuaca hari ini untuk Padang Sumatera Barat atau Sumbar dan Ibukota Jakarta, 12 Mei 2023. (Arden Gregory )

- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca di sejumlah wilayah di Indonesia pada Rabu (24/5/2023).

Mengutip situs resminya, beberapa kota besar seperti Banda Aceh, Denpasar, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Pontianak, Bandar Lampung, Kota Jayapura, Pekanbaru, Makassar, Manado, dan Palembang, berpotensi cerah berawan.

Sedangkan kota besar lain diprediksi akan mengalami hujan ringan dengan petir. Kota tersebut yakni Medan pada malam hari dan Tanjung Pinang pada pagi hari.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kota Bogor dan Sekitarnya pada Sabtu, 20 Mei 2023 Menurut BMKG

Sedangkan untuk daerah Jambi, menurut prakiraan BMKG, berpotensi hujan lebat pada dini hari dan Tarakan diprakirakan hujan lebat pada malam hari.

BMKG juga merilis peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia yang terjadi di daerah konvergensi memanjang di Perairan Utara Aceh, di Perairan Barat Lampung, dari Laut Jawa sebelah Utara Jawa Tengah hingga Timur lampung, dari Kalimantan Utara hingga Laut Sulawesi.

Kemudian Laut Sulawesi hingga Laut Halmahera, dari Laut Banda hingga Laut Maluku, dari Perairan Utara Maluku Utara hingga Samudera Pasifik Utara Papua

Baca Juga: BMKG Rilis Prakiraan Cuaca di Wilayah Kabupaten Sukoharjo pada Jumat, 19 Mei 2023

Serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Cina Selatan, Laut Jawa, Laut Flores, Samudera Hindia Selatan NTT hingga Barat Daya Banten.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut. Artinya, daerah-daerah ini berpotensi mengalami hujan disertai kilat/petir hingga angin kencang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat