bdadinfo.com

Gempa Magnitudo 3.0 Terjadi di Zona Megathrust, Luwu Timur Sulsel, Tidak Ada Korban Jiwa - News

Gempa bumi terjadi di zona Megathrus Sulsel (Info BMKG)

- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3.0 mengguncang wilayah Luwu Timur, Sulawesi Selatan, pada Jumat, 2 Juni 2023 pukul 13:39:27 WIB. 

Gempa ini terjadi di zona megathrust dengan lokasi episenter berada di 2.52 LS, 121.17 BT, sekitar 7 km barat laut Luwu Timur, Sulsel. Kedalaman gempa tersebut mencapai 10 km.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa dengan magnitudo 3.0 termasuk dalam kategori kecil dan umumnya tidak menimbulkan kerusakan yang signifikan. 

Baca Juga: Kelakukan Suporter Malaysia Minta Tiket Gratis di Laga vs Papua Nugini, Padahal Gak Sampe 100 Ribu!

Meski demikian, getaran gempa dirasakan oleh sebagian masyarakat di sekitar wilayah episenter.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai korban jiwa atau kerusakan yang diakibatkan oleh gempa ini. 

Tim dari BMKG sedang melakukan pemantauan terkait gempa tersebut dan akan terus memperbarui informasi jika ada perkembangan lebih lanjut.

Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang tidak dapat diprediksi dengan pasti, namun penting bagi masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk dari pihak berwenang ketika terjadi gempa. 

Pada umumnya, gempa dengan magnitudo rendah seperti ini hanya akan menghasilkan getaran yang terasa sebentar dan tidak akan menimbulkan bahaya.

Baca Juga: Ternyata Dapurnya Juga Begini, Donasi Anak Korban Bully yang Pindah ke SLB Terkumpul 3,5 Juta dan Masih Dibuka

BMKG juga mengingatkan bahwa gempa-gempa kecil dapat menjadi tanda peringatan adanya aktivitas seismik di wilayah tersebut.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk selalu mengikuti perkembangan informasi dari BMKG atau sumber-sumber resmi terkait gempa bumi dan bencana alam lainnya.

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di wilayah Indonesia karena letak geografisnya yang berada di Cincin Api Pasifik. 

Wilayah Indonesia terletak di pertemuan beberapa lempeng tektonik, sehingga sering terjadi gempa bumi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat