bdadinfo.com

Kendaraan Listrik Hemat Biaya Hingga 60 Persen, Kini SPKLU PLN di Payakumbuh Ramai Peminat - News

Kendaraan Listrik Hemat Biaya Hingga 60 Persen, Kini SPKLU Payakumbuh Ramai Peminat (Humas PLN )

- Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kota Payakumbuh ramai peminat.

Pasalnya, dengan menggunakan kendaraan listrik bisa hemat biaya hingga 40 persen.

Hal itu disampaikan General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho saat Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy.

Baca Juga: Manjakan Pelanggan, Kini PLN Hadirkan Meteran Listrik AMI

Contohnya saja SPKLU di Kota Payakumbuh yang terletak di Gardu Hubung PLN Payakumbuh Jalan Daya Bangun, Kota Payakumbuh ini sudah berdiri sejak 18 Februari 2023 silam dan telah memberi kemudahan para pengguna kendaraan listrik di Kota Payakumbuh.

Salah satu pengguna SPKLU, PT Wita merupakan pengguna kendaraan listrik dari Pekanbaru. Bowo mulai menggunakan kendaraan listrik sejak awal Tahun 2023 dan mencoba perjalanan lintas provinsi pada awal Juni kemarin. Menurut Bowo, proses pengisian baterai di SPKLU Payakumbuh sangat mudah dan cepat. Administrasi online di PLN Mobile hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit. Sementara pengisian baterai membutuhkan waktu 1,5 jam.

‘’Terima kasih kepada PLN yang sudah mencarikan SPKLU di lokasi strategis, yaitu di Jalan Lintas provinsi yang sering dilewati pengendara antar provinsi seperti kami," katanya.

Baca Juga: Pemprov Sumbar Apresiasi PLN terhadap Gerakan Masyarakat Pemerhati Lingkungan

General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho mengatakan, SPKLU Payakumbuh mengusung konsep fast charging berdaya DC 50 kW multi soket.

"Bahkan pada satu SPKLU bisa charging untuk dua mobil listrik sekaligus. Satu kendaraan listrik bisa dicas dari baterai 0 persen sampai penuh atau 100 persen hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam," katanya.

Menurut Eric, pengisian kendaraan listrik melalui SPKLU cenderung lebih efisien dibandingkan dengan pengisian BBM pada kendaraan konvensional. Setiap pembelian satu liter BBM setara dengan 1,3 kilo Watt hour (kWh) listrik.

Maka jika 1,3 kWh listrik atau 1 liter pertamax dapat menempuh jarak yang sama yaitu sekitar 10-12 km artinya kendaraan listrik mampu menghemat biaya sekitar 60%.

Tak hanya itu, kehadiran SPKLU di Payakumbuh merupakan salah satu erakan pemasifan Electrifying Lifestyle yang sejalan dengan program pemerintah.

"PLN berkomitmen menjadi bagian dari perubahan, yaitu menuju ekosistem kendaraan listrik yang semakin besar di Kota Payakumbuh. Jadi komitmen ini kami realisasikan lewat penyediaan SPKLU di berbagai lokasi strategis,” tutup Eric. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat