bdadinfo.com

Top! Tol Terindah dan Pertama Punya Terowongan Terpanjang di Indonesia, Ini 10 Fakta-fakta Tol Cisumdawu - News

Top, Tol Terindah dan Pertama Punya Terowongan Terpanjang di Indonesia, Ini 10 Fakta-fakta Tol Cisumdawu  (BPJT/Harian Haluan )

 

- Pemerintah Indonesia melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang merampungkan pembangunan salah satu tol terindah dan pertama yang memiliki dua terowongan di Nusantara, Senin 10 Juli 2023.

Tol Cisumdawu di Jawa Barat (Jabar) diyakini BPJT sebagai salah satu tol terindah di Indonesia dan tol yang memiliki terowongan kembar pertama di Republik Indonesia (RI).

Sebagai tol terindah dan tol pertama yang punya terowongan terpanjang di Indonesia, pengerjaan tol Cisumdawu siap beroperasi penuh dari 6 Seksi yang dibangun.

Baca Juga: Khansa dan Kamil Ternyata Gunakan Mobil Toyota Kijang Innova Jajal Cianjur ke Jakarta 

Tol Cisumdawu ini memiliki total panjang sekitar 61,6 kilometer (km) yang menambah akses konektivitas penghubung di Jawa Barat.

Berikut 10 fakta-fakta tentang Tol Cisumdawu yang patut untuk diketahui dirangkum dari BPJT:

I. Memiliki ikon terowongan kembar (Twin Tunnel) yang menjadi terowongan Jalan Tol terpanjang di Indonesia, dan merupakan tol pertama yang memiliki terowongan berada di Seksi 2.

Baca Juga: Kabar Baik! 10 Fakta Tol Cisumdawu yang Segara Beroperasi Penuh dan Tersambung Seluruh Seksi 1-6 di Jawa Barat

II. Terowongan kembar ini menggunakan inovasi teknologi New Austrian Tunneling Method (NATM) yang berguna dalam menguatkan tanah sebelum penggalian.

III. Menggunakan teknologi khusus Geofoam EPS yang diterapkan pada pembangunan Seksi 5A.

IV. Geofoam EPS adalah material yang berbentuk balok-balok berbobot ringan dan sudah biasa diterapkan di luar negeri, terutama untuk menangani lapisan tanah yang labil.

Baca Juga: Soal Lahan Tol Padang-Pekanbaru, Ini Kata Bupati Suhatri Bur! Hutama Karya Sebut Kendala Pengerjaan Konstruksi

V. Konektivitas pendukung pertumbuhan ekonomi, peningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membuka banyak peluang usaha baru di wilayah Jawa Barat.

VI. Pertumbuhan ekonomi khususnya konektivitas Bandung menuju ke Kertajati dan efektivitas operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat