bdadinfo.com

Berikut Kronologi Kasus Dugaan Penculikan Anak di Padang Panjang - News

Ilustrasi (Ayo Yogya)





PADANG PANJANG, - Seorang gadis kecil diduga menjadi korban penculikan di Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), pada hari Senin (10/7/2023). Saat ini, pelaku telah ditangkap oleh polisi dari Polres Padang Panjang. Kapolres Padang Panjang, AKBP Donny Bramanto, mengkonfirmasi kejadian tersebut.

"Seorang pria dengan inisial J yang diduga menculik seorang gadis di bawah umur berhasil ditangkap oleh pihak berwenang. Pada awalnya, pria tersebut diamankan oleh masyarakat," kata Iptu Istiklal.

Dijelaskan bahwa pada pukul 16.30 WIB, masyarakat berhasil menangkap pelaku di Jalan Tabek Gadang, Rt 11, Ganting Padang Panjang. Ketika ditanya oleh orang-orang di sekitar, pelaku mengaku sebagai seorang warga yang tinggal di Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar.

Baca Juga: Gegerkan Kota Serambi Mekah Padang Panjang, Pelaku Penculikan Anak Ditangkap Warga Hingga Babak Belur

"Peristiwa dimulai ketika seorang korban yang berusia sekitar 7 tahun sedang asyik bermain bersama temannya di depan gerbang Masjid Nurul Islam, di Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Timur," kata pelaku.

Menurut keterangannya, modus operandi pelaku adalah dengan berpura-pura bertanya kepada teman korban tentang bengkel, dan saat temannya lengah, pelaku membawa korban pergi.

"Pelaku melakukan aksinya dengan menggunakan sepeda motor Yamaha Mio berwarna hijau, dan meminta korban untuk duduk dengan posisi jongkok di bagian depan kendaraan," kata pelaku.

Baca Juga: Berkat Program Sagasaja, Dua Warga Kota Pariaman Lulus Kuliah Ikatan Dinas di IT PLN

Menurut Iptu Istiklal, kejadian ini terungkap setelah seorang teman korban melaporkannya kepada orang tua korban. Setelah itu, dilakukan upaya pencarian terhadap pelaku oleh pihak berwenang bersama dengan partisipasi masyarakat lainnya.

"Alhamdulillah pelaku berhasil ditemukan di daerah Tabek Gadang, Kelurahan Ganting, Padang Panjang. Untuk mencegah amukan dari masyarakat yang marah, pelaku segera ditangkap dan dibawa ke Polres Padang Panjang," kata Iptu Istiklal.

Kronologi

Pada awalnya, korban dikabarkan diculik oleh pelaku sekitar pukul 14.30 WIB. Kejadian tersebut terjadi saat korban sedang bermain di sekitar Masjid Nurul Islam, yang terletak di Kelurahan Ekor Lubuk, Padang Panjang.

"Modus dari pelaku adalah dengan berpura-pura menanyakan lokasi bengkel kepada teman korban. Setelah teman korban pergi, pelaku segera membawa korban menggunakan sepeda motor yang ia miliki," ungkap Iptu Istiklal.

"Korban diminta untuk duduk dengan posisi jongkok di bagian depan sepeda motor, dengan tujuan agar tidak terlihat oleh penduduk setempat," lanjut Iptu Istiklal.

Setelah teman korban diperdaya untuk mencari bengkel, mereka baru menyadari bahwa korban telah diculik oleh pelaku. Tidak lama kemudian, seperti yang diungkapkan oleh Istiklal, teman korban segera melapor kepada orang tua korban. Hal ini terkait dengan dugaan penculikan tersebut.

"Setelah teman korban melaporkan kepada orang tua korban, warga sekitar juga ikut dalam upaya pencarian korban. Warga kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian, dan kami melakukan pencarian bersama-sama," kata Iptu Istiklal.

Satu jam setelah penculikan, Iptu Istiklal mengungkapkan bahwa pelaku berhasil ditemukan di area Tabek Gadang, tepatnya di RT 11 Ganting, Padang Panjang. Sebelumnya mengenai video penangkapan pelaku yang beredar di media sosial, terlihat bahwa warga yang emosi akibat tindakan pelaku itu sempat melakukan pukulan dan tendangan ke wajah pelaku. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat