bdadinfo.com

Tikungan Sitinjau Lauik Sumbar Bukan Jalan Angker, Fakta Ilmiah Terjadinya Kecelakaan Karena Faktor Ini - News

Jalur lalu lintas Sitinjau Lauik berada di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang (IST)


- Kawasan Sitinjau Lauik yang berada di ruas jalan lintas Padang - Solok yang terkenal ekstrem di Sumatera Barat, menjadi terkenal karena banyak arus kendaraan berat dan penumpang yang melewati jalur tersebut.

Lantas apa yang membuat tanjakan dan turunan Sitinjau Lauik ini sebagai jalur yang tercatat memiliki angka kecelakaan cukup tinggi.

Kawasan Sitinjau Lauik merupakan jalur yang menghubungkan antara Padang dengan Solok, kendaraan truk berukuran besar bahkan bermuatan dengan tonase sangat mengerikan harus melewati jalur ini.

Baca Juga: Bikin Merinding! Inikah Sosok Ghaib yang Kerap Minta Tumbal di Sitinjau Lauik Sumbar?

Sitinjau Lauik menjadi satu titik jalur yang terbilang mematikan bagi kendaraan berukuran besar mulai dari bus maupaun truk dengan muatan tonase besar. Salah satu titiknya yakni saat berada di tikungan.

Berdasarkan data yang diperoleh redaksi News, tikungan Sitinjau Lauik memiliki sudut kemiringan hingga 45 derajat. Dimana bagi kendaraan besar harus melakukan manuver belokan yang harus pas.

Jika tidak pas, terlebih saat posisi kendaraan tengah menanjak, maka akan terhalang beton penghalang yang dijadikan pengaman jalur di Sitinjau Lauik. Kendaraan seperti truk dan bus yang memiliki dimensi sangat panjang mengharuskan sopir pintar mengambil sudut belokan agar bisa berbelok dengan sempurna.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 8 Fakta dan Misteri Jalur Sitinjau Lauik Sumatera Barat

Disini keahlian sopir sangat menentukan radius putar kendaraan bisa melewati sudut kemiringan 45 derajat. Terlebih pada kendaraan pada posisi menanjak, harus mengambil bahu luar.

Dipastikan bagi kendaraan yang mengambil bahu dalam jalan bisa membuat tenaga mesin tidak akan kuat menanjak dengan kontur curam.

Tak heran dengan karakter jalan sudut kemiringan 45 derajat ini, kawasan Sitinjau Lauik sering terjadi kecelakaan kendaraan. Berdasarkan data KNKT, pada tiga tahun lalu angka kecelakaan di wilayah ini sebanyak 36 kejadian dalam satu tahun.

Baca Juga: Truk Pembawa Alat Kesehatan Terjun ke Jurang Sedalam 100 Meter di Sitinjau Lauik

Meski dikenal sebagai salah satu jalan yang cukup ekstrem dengan angka kecelakaan yang cukup banyak, namun Sitinjau Lauik masih menjadi salah satu destinasi arus lalu lintas yang banyak jadi sorotan masyarakat Sumatera khususnya.

Tak sedikit pula kontent creator menjadikan aktifitas lalu lintas Sitinjau Lauik sebagai materi tayangan yang banyak disajikan pada Youtube.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat