bdadinfo.com

5 Masjid Terpopuler dan Terkenal di Sumatera Barat, Punya Nilai Sejarah Penyebaran Agama Islam di Indonesia - News

Masjid Al Hakim salah satu terpopuler di Sumatera Barat (YouTube @rinaldimunir5569)

- Sebagai salah satu negara Muslim terbesar di Dunia, Indonesia memiliki banyak tempat ibadah, khususnya masjid yang tersebar di seluruh daerah, tak terkecuali Sumatera Barat.

Sumatera Barat adalah salah satu wilayah Indonesia dengan penganut Agama Islam sebagai mayoritas. Kita pun dapat melihat banyak masjid tersebar luas di daerah Minangkabau ini.

Dengan mengunjungi masjid-masjid di Sumatera Barat, kita dapat mengetahui makna bersejarah di balik penyebaran Agama Islam ke Indonesia pada abad ke-13.

Baca Juga: Beraksi di 22 TKP, Residivis Pelaku Curanmor Kembali Diringkus Tim Cheetah Sat Reskrim Polres Payakumbuh

Kali ini, kita bakal membahas masjid yang memiliki reputasi bagus dan nilai sejarah hingga berumur ratusan tahun di Sumatera Barat.

1. Masjid Saadah

Masjid yang sudah berumur 113 tahun ini berlokasi di Kenagarian Gurun, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar. Hingga saat ini masih berdiri dengan kokoh.

Baca Juga: 3 Minuman Segar dari Buah Khas Sumatera Barat, Nomor 2 bisa Tingkatkan Stamina Pria!

Masjid ini didirikan pada 1910 dan dibangun lewat donasi Datuak Paduko Intan, seorang saudagar asal Jorong Gurun, dan tokoh Etnis Tionghoa di Kota Padang bernama Kapten Lie Goan Hoat.

Masjid Saadah dibangun dengan desain ala Tionghoa. Arsitektur Masjid, terutama atap dan ornamen dinding luar masjid, masih bertahan hingga saat ini walaupun perbaikan sudah dilakukan beberapa kali.

Saat ini, Masjid yang sudah berumur ratusan tahun ini masih tetap digunakan dengan baik untuk kegiatan keagamaan, seperti shalat berjamaah lima waktu, termasuk juga saat Tarawih pada bulan Ramadhan.

Baca Juga: Wuling Air EV Sabet Predikat Green Product of The Year SME Awards 2023, Hadiah Terindah Ulang Tahun Wuling

2. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid ini menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat Padang. Masjid yang dikenal dengan nama Masjid Mahligai Minang ini, merupakan masjid terbesar dan termegah di Sumatera Barat. Lokasinya di Jalan Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Padang Utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat