bdadinfo.com

Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra Resmi Bergelar Datuk Rajo Simarajo, Ini Pesan Bupati Safaruddin - News

Ketua DPRD Limapuluhkota, Deni Asra.  (dok. Setwan Limapuluh Kota)

Lima orang Pangulu di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, dilewakan dengan Gelar Datuk Rajo Simarajo. Salah satunya yakni Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra.

Deni Asra mendapat lewa gelar Datuk Rajo Simarajo dalam acara adat Alek Batagak Pangulu Suku Salo Pitopang, di Talang Maua, tepatnya di Kantor Wali Nagari Talang Maua, Senin, 10 Juli 2023 lalu.

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin, memberikan pesan pada para Pangulu yang mendapat gelar Datuk Rajo Simarajo tersebut, termasuk Deni Asra, agar terus mengayomi masyarakat adat.

Baca Juga: 5 Hotel Terbaik dan Terkenal yang sering dikunjungi Wisatawan di Sumatera Barat

"Saya meminta para Pangulu bersama kaum dapat mengembangkan tanah pusaka agar dapat dikelola secara bersama demi keberlangsungan kaum masing-masing," kata Safaruddin, seperti dilansir dari laman resmi Pemkab Limapuluh Kota, Sabtu, 14 Juli 2023.

Safaruddin juga berpesan untuk mengemban kepercayaan yang diberikan kaum adat tersebut demi kemajuan anak kemenakan.

Selain itu, Safaruddin juga menghimbau para Pangulu yang baru dilewakan gelarnya tersebut agar senantiasa memecahkan persoalan kaum melalui musyawarah.

Baca Juga: Padang Direndam Banjir, Begini Detik-detik Lansia Harus Dievakuasi

Acara yang kental dengan adat Minangkabau ini memandatkan para Pangulu untuk senantiasa memajukan dan mensejahterakan masyarakat.

Mereka juga diminta meningkatkan kemampuan pengetahuan demi menjaga marwah dan kehormatan dalam memimpin kaum adat.

Karena peran Niniak Mamak, seperti yang didapatkan Deni Asra dan keempat Pangulu lain tersebut, amat berpengaruh bagi keberlangsungan hidup kaum adat.

Baca Juga: Padang Direndam Banjir, Begini Detik-detik Lansia Harus Dievakuasi

Acara adat ini juga dihadiri oleh berbgi stakeholder pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota, di antaranya Sekda Daerah, Widya Putra, dan Ketua LKAAM Limapuluh Kota, Zulhikmi.

Sementara itu, Gelar datuk sendiri adalah gelar yang diberikan kepada pemimpin sebuah suku atau klan di wilayah dengan populasi etnis Minangkabau.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat