bdadinfo.com

Peringatan Dini Cuaca Wilayah Sumbar, BNPB: Hujan Berpeluang Terjadi Hari Ini Sabtu 15 Juli 2023 - News

Banjir di wilayah Sumatera Barat.  (BNPB)

- Curah hujan yang tinggi di Kota Padang dan sejumlah daerah di Sumatera Barat (Sumbar) sejak Kamis malam, 13 Juli 2023 mengakibatkan banjir dan tanah longsor

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menuturkan bahwasanya pemerintah daerah dan warga di Sumatera Barat tetap meningkatkan kesiapsiagaan.

Bahkan, peringatan dini terkait cuaca di Sumatera Barat telah dikeluarkan sejak Jumat 14 Juli hingga Minggu 16 Juli 2023.

Baca Juga: Ini Deretan Jenderal dengan Segudang Prestasi Asal Sumatera Barat

Beberapa wilayah di Sumatera Barat, seperti Agam, Padang Pariaman, dan Kota Badang berpotensi hujan lebathujan lebat yang disertai petir atau kilat serta angin kencang. 

"Hujan pun berpeluang terjadi pada Sabtu 15 Juli 2023," ungkap Abdul Muhari. 

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat, kata Abdul Muhari melaporkan tiga wilayah administrasi yang terdampak banjir dan tanah longsor yaitu Kabupaten Agam, Padang Pariaman dan Kota Padang.

Baca Juga: Mengenal Datuk Edwel, Pendekar dari Sumatera Barat Pewaris Langsung Silat Harimau

Menurut Abdul Muhari, terdapat dua warga korban longsor masih dinyatakan hilang di Jorong Pantas, Kabupaten Agam.

"Pada kabupaten ini beberapa titik longsoran berdampak pada kerusakan bangunan dan prasarana," jelasnya. 

Sejumlah kerusakan teridentifikasi di Jorong Alai Nagari Koto Malintang, material longsor menutup ruas jalan provinsi sehingga kendaraan tidak dapat mengaksesnya.

Baca Juga: Bergerak Cepat, Wawako Ekos Albar Tinjau Kondisi Banjir di Kota Padang

Longsoran juga berada di Jorong Muko-muko. Bencana ini merusakkan rumah 2 unit di Jorong Muko-muko, sedangkan beberapa rumah lain di Jorong Sigiran, Jorong Pantas dan Jorong Batunangai.

Wilayah lain di Agam yang terdampak tanah longsor antara lain di Jorong Pandan, Jorong Sungai Tampang, Jorong Sungai Tampang dan Jorong Galapung.

Sedangkan bencana banjir, Jorong Muko-muko Nagari Koto Malintang juga terkena dampak Banjir. BPBD setempat masih melakukan asesmen kebutuhan dan dampak bencana banjir dan longsor. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat