bdadinfo.com

5 Tambang Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Salah Satunya ada Pada Pulau Sumatera - News

5 Tambang Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Salah Satunya Ada Pada Pulau Sumatera/ Murni Gold Jewelry

News.COM- Indonesia dikenal sebagai salah satu negara tambang penghasil emas terbesar di dunia. Berdasarkan data yang diambil dari Minerba total produksi emas Indonesia selama semester pertama tahun ini mencapai 12,9 juta ton.

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh badan riset Industri Independen CRU International Ltd (CRU) pertahun 2019. Indonesia berada di urutan ke 4 sebagai negara yang memiliki cadangan tambang penghasil emas terbesar.

Indonesia berada di bawah Australia, Rusia, dan Afrika Selatan untuk negara yang memiliki cadangan tambang emas terbesar.

Baca Juga: Diakui Desa Terindah di Dunia, Ternyata Nagari Tuo Pariangan Punya Bukti Peradaban Tua Suku Minangkabau

Berikut ini adalah 5 tambang penghasil emas terbesar di Indonesia beserta dengan prospeknya di tahun mendatang.

1. Tambang emas Freeport

Tambang ini dimiliki oleh PT. Freeport Indonesia yang merupakan perusahaan patungan antara Freeport dean McMoran dengan PT Industri Asahan Alumunium Persero (Inalum).

Tambang emas PT Freeport merupakan tambang penghasil konsentrat emas terbesar di Indonesia. Perusahaan ini tidak menghasilkan emas murni namun memproduksi konsentrat yang mengandung tembaga, emas, dan perak.

Konsentrat tembaga, emas, dan perak yang dihasilkan dari tambang emas Freeport diekspor ke luar negeri.

Tambang emas Freeport beroperasi sejak tahun 1972 dengan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) yang berlaku hingga tahun 2041. Dari data terakhir masih terdapat 650 ton emas sisa cadangan.

Pada tahun 2021 PT Freeport telah menghasilkan sebanyak 18 ton kandungan emas.

Baca Juga: Gubernur Edy Rahmayadi Meminta Evaluasi Sistem Zonasi PPDB di Sumatera Utara

2. Tambang emas Martabe

Tambang emas ini dimiliki oleh PT Agen Cold Resort yang lokasinya berada di Sumatera Utara. Pada akhir tahun 2020 memiliki cadangan emas sebesar 135 ton.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat