bdadinfo.com

Destinasi Andalan Sumatera Barat di Pecahan Rp2.000, Wisata ala Grand Canyon dan Lubang Jepang Ada di Sini - News

Destinasi Andalan Sumatera Barat di Pecahan Rp2.000, Wisata Ala Grand Canyon dan Lubang Jepang Ada di Sini (sikamek.sumbarprov.go.id)

Destinasi wisata andalan Sumatera Barat ternyata juga terpampang nyata pada pecahan uang Rp2000.

Wisata tersebut sangat populer dengan julukan Grand Canyon versi Sumatera Barat. Selain mirip Grand Canyon, ada juga wisata sejarah seperti Lubang Jepang di sini.

Bagi pelancong yang sedang berada di Bukittinggi, tidak ada salahnya mencoba mengunjungi destinasi wisata ini untuk berwisata alam dan juga sejarah.

Baca Juga: 11 Fakta Menarik Film Minang ‘Onde Mande’, Libatkan Aktor Mayoritas dari Sumbar Hingga Pemuka Adat Setempat

Lokasinya berada di perbatasan Kota Bukittinggi, di Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah sempit dan berada dikelilingi oleh bukit-bukit dengan tebing yang curam yang terbentuk karena proses turunnya sebagian lempengan bumi. Inilah yang kemudian menyebabkan patahannya tampak berwujud jurang curam.

Di tengahnya, sebuah aliran sungai kecil membelahnya yang membuat pemandangan semakin mempesona yang terbentang sejauh 15 km dari selatan Nagari Koto Gadang hingga Nagari Sianok Enam Suku.

Baca Juga: Nikmatnya Nyeruput Kopi di Kedai Terkenal Padang, dari yang Modern Hingga yang Tertua dan Legend di Sumbar Ada

Kedalamannya tebing mencapai 100 meter dengan lebar celah kira-kira 200 meter.

Ngarai Sianok ternyata juga memiliki sebutan lain yaitu, Lembah Pendiam, penamaan ini terinspirasi dari suasana tempat tersebut yang tenang dan damai.

Diiringi latar suara kicauan burung dan gemericik air sungai dan diiringi dengan udaranya yang bersih dan sejuk, ngarai ini sangat cocok untuk tempat healing melepaskan beban pikiran dari rutinitas sehari-hari.

Baca Juga: 10 Pusat Perbelanjaan di Padang dari yang Tertua, Termewah dan Terbesar, hingga Bertaraf Internasional Ada Loh

Lokasi ini juga jadi tempat favorit bagi warga Kota Bukittinggi untuk mengisi akhir pekan mereka dengan berolahraga di sekitar ngarai ini.

Beberapa olahraga yang biasa dilakukan misalnya seperti trekking, bersepeda gunung, atau berjalan-jalan santai sambil melepas kepenatan dengan melihat pemandangan cantik dan menghirup udara sejuk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat