bdadinfo.com

Rumah Makan Padang Selalu Sukses, Ternyata Slogan Ini Jadi Rahasia Orang Minang - News

Slogan alam takambang jadi guru Minangkabau.  (dok. Sari Bundo)

- Rumah makan Padang identiK dengan usaha yang dibuka masyarakat asal Minangkabau atau Minang. Di manapun resto ini berdiri, selalu ada saja pelanggannya.

Selain resep yang luhur turun temurun, ternyata rahasia sukses orang Minang membuka Rumah Makan Padang adalah slogan yang tertanam di dalam diri mereka.

Slogan pegangan orang minang tersebut adalah “Alam Takambang Jadi Guru”, yang memiliki makna bentangan alam bisa jadi media pembelajaran.

Baca Juga: Sosok Samsuridjal Djauzi, Dokter Asal Bukittinggi yang Awalnya Ingin Menjadi Ustaz

Slogan tersebut masyarakat Minang pegang sehingga mereka tak takut pergi kemanapun untuk merantau. Di perantauan, banyak dari mereka memilih usaha Rumah Makan Padang.

Rumah makan Padang pun hampir selalu ramai dan bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia dimanapun resto ini berada.

Dilansir dari laman Rumah Makan Padang Sari Bundo, istilah Alam Takambang sendiri memiliki makna bentangan alam sejauh mata memandang.

Baca Juga: Melihat dari Dekat Ulee Balang, Baju Adat Khas Aceh yang Punya Banyak Bagian dan Filosofi

Orang Minang memaknai ini sebagai guru atau media pembelajaran di manapun kaki mereka dipijak. Ini dibuktikan dengan usaha Rumah Makan Padang itu sendiri.

Meski setiap daerah memiliki kultur berbeda, orang Minang mampu mengelola usahanya menjadi makanan favorit masyarakat setempat dengan sistem yang mereka sesuaikan dengan kultur setempat.

Tak hanya itu, orang Minang juga identik mudah bergaul dengan masyarakat setempat di manapun mereka merantau.

Baca Juga: Dulu Diremehkan hingga Didoakan Mangkrak, Proyek Jalan Tol Trans Sumatera Kini Jadi Rebutan Gegara Lampung

Hal ini juga jadi rahasia lain mengapa usaha Rumah Makan Padang diterima di lidah masyarakat Indonesia di manapun.

Selain itu, manfaat lain slogan Alam Takambang Jadi Guru buat masyarakat Minangkabau adalah membuat mereka memiliki banyak gagasan dan ide baru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat