bdadinfo.com

Perjalanan Panjang ALS: Kisah si Raja Paket dari Sumatera Utara - News

Sejarah ALS, si raja paket dari Sumatera Utara (Kaskus)

- Transportasi memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan suatu negara.

Di Indonesia, terdapat banyak kisah menarik dalam sejarah transportasi yang patut diungkap.

Salah satu kisah yang tak boleh terlupakan adalah perjalanan panjang ALS (Anatar Lintas Sumatera) atau yang dikenal juga sebagai Si Raja Paket, yang berasal dari Sumatera Utara.

Baca Juga: Warisan Budaya Terlupakan, Gelumpai, Naskah Kuno di Palembang yang Ditulis pada Media Bambu

Bus legendaris yang berasal dari Sumatera Utara yang dikenal dengan singkatan ALS, merupakan salah satu inovator dalam layanan bus jarak jauh di Indonesia.

Berawal dari pendiriannya di Kotanopan, Mandailing Natal pada bulan September 1966, ALS telah menjelajah jalur-jalur di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa selama lebih dari lima puluh tahun.

Inisiatif yang dilakukan pada masa awal pendiriannya, ALS pertama kali membuka rute perjalanannya dari Muara Sipongi/Kotanopan menuju Medan.

Baca Juga: Deretan 18 Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Trans Sumatera, Sumbar Kalah dari Sumut Sang Juara

Merupakan pelopor utama dalam layanan transportasi yang menghubungkan berbagai kota di Pulau Sumatera, ALS telah membuka rute-rute yang menghubungkan Pekanbaru, Banda Aceh, Bengkulu, Jambi, Palembang, Padang, dan Lampung.

Pada periode tersebut, yakni pada tahun 1960-1970an, belum terdapat opsi penyeberangan dari Bakauheni ke Merak untuk kendaraan besar, sebab kapal-kapal yang tersedia belum mampu mengangkut kendaraan dengan ukuran yang lebih besar.

Bagi para penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke Pulau Jawa, mereka harus menghentikan perjalanan daratnya dan melanjutkan dengan menumpang kapal untuk menyeberang Selat Sunda.

Baca Juga: Indikator Sebut Suaranya Bisa ‘Bawa’ 2 Kursi DPR, Andre Rosiade: InsyaAllah

Pada era 80-90an, ketika kapal feri mulai beroperasi di Selat Sunda, ALS mengambil langkah maju dalam jangkauan trayeknya.

Selain hanya melayani penumpang antar kota di Pulau Sumatera seperti sebelumnya, ALS membuat terobosan baru dengan membuka rute-rute yang menghubungkan Medan dengan beberapa kota di Pulau Jawa, termasuk Jakarta, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat