bdadinfo.com

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Tinjau Kemajuan Pembangunan Bandara Baru di Pulau Mentawai - News

Kemenhub meninjau bandara baru di Mentawai (dephub.go.id)

- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memimpin kunjungan penting ke Pulau Mentawai, Sumatera Barat.

Pada tanggal 13 Agustus, ia melihat secara langsung kemajuan proyek pembangunan Bandara Rokot Mentawai.

Saat ini tengah dikerjakan untuk menggantikan Bandara Rokot Sipora yang sudah tidak memungkinkan untuk dikembangkan lebih lanjut akibat batasan laut lepas.

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan dalam Cerita tentang Edo dan Kawannya, Kunci Jawaban Tema 2 Subtema 2 Kelas 6 Halaman 53-54

Dalam upayanya untuk memastikan konektivitas yang berkelanjutan di daerah-daerah terpencil dan perbatasan (3TP), Menteri Budi Karya Sumadi mengungkapkan.

"Saya menjalankan arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk mengawal kegiatan konektivitas khususnya di daerah 3TP seperti Mentawai terjaga dengan baik. Tidak hanya selesai membangun infrastrukturnya, tetapi memastikannya dapat dimanfaatkan dengan baik," ungkap Menteri Budi.

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa Bandara Baru Rokot Mentawai telah mencapai tahap penyelesaian dan saat ini sedang menanti proses penerbitan Sertifikat Bandar Udara.

Baca Juga: Melintasi Jalan Tol Belmera, Jalanan Bebas Hambatan Tertua di Pulau Sumatera dan Kedua di Indonesia

Ia dengan optimis menyatakan bahwa bandara ini diharapkan siap beroperasi pada tahun ini.

Selain itu, ia mengisyaratkan kemungkinan Presiden akan mengunjungi pulau ini bulan depan untuk meresmikan bandara yang baru.

Bandara Mentawai yang baru memiliki landasan pacu berukuran 1.500 x 30 meter telah dirancang untuk menerima pesawat yang lebih besar, termasuk ATR 72-600 yang mampu mengangkut hingga 78 penumpang.

Baca Juga: Berapa Rupiah Uang Pedagang Sekarang, Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 56-58 Latihan Soal

Ini merupakan kemajuan signifikan dibandingkan dengan bandara sebelumnya yang hanya mampu menerima pesawat Cessna Grand Caravan dengan kapasitas 12 orang dan landasan pacu berukuran 850 x 23 meter.

Dengan peningkatan kapasitas dari 12 menjadi 78 penumpang per penerbangan, Menteri Budi Karya Sumadi berharap bahwa hadirnya bandara baru ini akan meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Mentawai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat