bdadinfo.com

Bandara Termegah di Kepulauan Mentawai Makan Anggaran Rp547 Miliar Nyaris Rampung - News

Bandara Termegah di Kepulauan Mentawai Makan Anggaran Rp547 Miliar Nyaris Rampung

- Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menargetkan Bandara Rokot di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, beroperasi pada Agustus 2022.

Dikatakannya bila nanti Bandara Rokot benar-benar telah beroperasi, maka dapat dipastikan akan memberikan dampak yang besar bagi Mentawai.

Hal ini karena akan banyak kunjungan wisatawan ke Mentawai bila bandara itu resmi beroperasi. Keberadaan bandara itu dapat jadi alternatif wisatawan yang hendak menuju ke Mentawai.

Baca Juga: Warga Nagari Air Bangis Diduga Terkena Intimidasi, Direktur LBH Padang: Brimob di Lokasi, Hp Warga Disita

Bandara Mentawai Baru akan menggantikan bandara eksisting yaitu Bandara Rokot Sipora, yang saat ini hanya memiliki panjang landas pacu atau runway 850 meter.

Sehingga, hanya dapat didarati pesawat jenis propeler Grand Caravan. Landasan pacu baru dibangun agar dapat didarati pesawat lebih besar.

Bandara Mentawai Baru nantinya akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti: Runway yang lebih panjang yaitu 1500 x 30 meter dari sebelumnya hanya 850 meter.

Baca Juga: Wow Aktor Dunia Ini Punya Rumah di Daerah Termiskin Sumatera Barat, Hidup Sederhana Seadanya No Listrik

Dilengkapi apron berukuran 175 x 75 meter; Taxiway 75 x 15 meter yang mampu menampung 3 pesawat sejenis ATR 72 500/600; dan terminal penumpang berukuran 1600 m2 yang mampu menampung penumpang sebanyak 53.881 pax/tahun.

Selain dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah di sekitar Kepulauan Mentawai, kehadiran sarana dan prasarana transportasi diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata.

Khususnya di kepulauan yang terkenal dengan ombak yang diburu para penggemar olahraga surfing di dunia ini.

Baca Juga: 5 Bandara Tersibuk di Sumatera, Nomor 4 Jadi Saksi Bisu Kecelakaan Garuda

Bandara Termegah di Kepulauan Mentawai Makan Anggaran Rp547 Miliar Nyaris Rampung
Bandara Termegah di Kepulauan Mentawai Makan Anggaran Rp547 Miliar Nyaris Rampung

Bandar Udara Rokot adalah bandar udara perintis yang terletak di Desa Rokot, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat