bdadinfo.com

Review Hidden Gems Binanga di Toba, Cafe Unik di Tengah Aliran Sungai: Bisa Makan Sambil Berendam - News

Binanga cafe, hidden gems di Kabupaten Toba yang menawarkan konsep berbeda   (Tobaria.com)




- Berkunjung ke Sumatera Utara jangan lupakan wisata kuliner ke salah satu hidden gems yang satu ini, Binanga Cafe.

Binanga Cafe merupakan hidden gems unik yang ada di Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba. Cafe ini menawarkan konsep yang berbeda dari biasanya.

Di Binanga Cafe, pengunjung bisa berwisata kuliner sambil menikmati aliran air sungai dan pemandangan persawahan yang luas di sekelilingnya, benar-benar hidden gems.

Baca Juga: Wow! Dibalik Megahnya Tugu APEKSI di Kota Padang, Ternyata Menyimpan Banyak Filosofi di Dalamnya

Dilansir dari website tobaria.com pada 19 Agustus 2023, nama cafe ini disesuaikan dengan konsep yang diusung, yakni binanga dalam bahasa Indonesia artinya sungai.

Cafe Binanga menawarkan wisata kuliner di atas aliran sungai. Cafe ini mengkolaborasikan wisata kuliner dengan wisata alam.

Jika biasanya mendengar kata cafe yang dipikirkan adalah interior estetik, dekorasi yang unik, serta dinding dengan lukisan yang menarik, di sini tidak ada itu semua.

Jika memandang ke atas, tidak akan ada plafon karena Binanga Cafe beratapkan langit. Dinding serta lukisan di sini pun terpampang alami yaitu hamparan persawahan.

Baca Juga: Ramai Dikunjungi Wisatawan Asing, Jembatan Siti Nurbaya dan Kota Tua Padang Jadi Wisata Favorit saat Liburan

Lantai cafe berbentuk pipih dan ada di dasar sungai, Binanga cafe tak se lazim cafe pada umumnya. Tapi justru inilah yang menjadi keunikannya.

Di sungai, sudah terdapat beberapa meja dan kursi yang ditata sedemikian rupa. Jika ingin memesan meja di aliran sungai, pengunjung tentu harus menggulung celana dan membuka sepatu atau sandal karena akan masuk ke dalam sungai dengan kedalaman sekitar 20 cm.

Pengunjung bisa memesan makanan dan menikmatinya di tengah aliran sungai. Jangan khawatir tergelincir atau semacamnya, karena batu di sungai ini aman dan bebas dari lumut sehingga tidak licin.

Baca Juga: Dikunjungi Investor Malaysia, Wali Kota Padang Panjang Paparkan Kawasan Rest Area

Aliran sungai di sini berasal dari Pegunungan di Lumban Julu. Aliran airnya dangkal dan cocok untuk semua kalangan usia.

Tidak perlu cemas jika tidak ingin basah, di Binanga Cafe juga terdapat meja di pinggir sungai. Selain itu, terdapat fasilitas hammock yang bisa digunakan oleh siapa saja.

Hidangan kuliner yang tersedia di sini cukup beragam mulai dari cemilan hingga makanan berat, dan tentunya tradisional.

Menu favorit di sini yaitu olahan ikan, seperti ikan arsik, dan ikan bakar. Tak hanya ikan, madu asli Lumbanjulu pun bisa dinikmati di sini.

Baca Juga: Kalahkan Ampera di Palembang! Jembatan Ini Jadi yang Terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera, Betulkah?

Untuk cemilan terdapat beberapa cemilan ala kampung yaitu jagung rebus, jagung bakar, kacang rebus, dan banyak lagi tentunya dengan harga yang terjangkau.

Binanga cafe beroperasi dari pukul 10.00 pagi hingga 18.00 sore hari. Letaknya tidak jauh dari Simpang Taman Eden, cafe yang sudah buka sejak 2021 ini sayang untuk dilewatkan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat